Bagi pecinta vintage dan gipsy style, fashion stuffs yang terbuat dari materi bahan suede adalah hal yang wajib dipunyai. Karena meskipun terlihat mewah, sisi uniknya cenderung lebih Nampak. Namun ada kekhawatiran bagi mereka yang ingin mengoleksi fashion stuffs berbahan suede, yaitu dari sisi perawatan dan pencucian Laundry yang tidak semudah perawatan bahan-bahan lainnya. Biasanya bahan suede ini digunakan untuk membuat sepatu, tas, jaket, aksesoris  dress, gelang, dan blazer. Tapi untuk tips kali ini, yang akan kita bahas adalah tips merawat tas dan sepatu berbahan suede.

 1.    Gunakan suede protector

Laundry 1 : Saat membeli tas maupun sepatu yang berbahan suede, dalam list belanja akan lebih baik bila disertakan suede protector. Fungsi suede protector akan melindungi bahan tersebut dari kotoran – kotoran yang menempel. Penggunaannya hanya dengan cara disemprot merata di atas permukaan tas dan sepatu.

 2.    Vacum Cleaner

Laundry 2 : Vacum cleaner dapat digunakan untuk menyedot debu – debu kering yang menempel pada bahan suede sehingga mengakibatkan tas dan sepatu terlihat kusam dan buluk. Gunakan seperti membersihkan sofa dari debu.

3.    Sikat Gigi Kering

Laundry 3 : Sikat gigi yang kering dan lembut juga bisa dimanfaatkan untuk merawat sepatu dan tas yang berbahan suede. Caranya dengan menyikat searah pada permukaan material.

 4.    Penghapus

Laundry 4 : Noda yang ringan seperti debu dan noda – noda baru juga bisa dibersihkan dengan penghapus pensil. Caranya dengan menggosok halus tanpa tekanan secara merata dan searah.

 5.    Sikat Gigi Basah

Laundry 5 :Sikat gigi basah dapat digunakan untuk membersihkan noda yang terlanjur menempel seperti soft drink, minuman bergula, dan lumpur ringan. Caranya dengan menggosok searah tepat di atas noda. Gosok sikat searah pada noda.

6.    Cara Mengeringkan

Laundry 6 : Bila tas dan sepatu suede yang kita miliki basah terkena hujan ataupun cipratan air tawar, cukup dikeringkan di depan kipas angin dan jangan mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung. Kalau ingin mengeringkan di luar rumah, cukup diangin – anginkan di bawah canopy atau tempat yang teduh.

 7.    Suede Cleaner

Laundry 7 : Jika kotoran dan noda pada sepatu dan tas bahan suede sangat sulit untuk dibersihkan, sebaiknya gunakan suede cleaner. Caranya dengan menyemprotkan suede cleaner di atas noda lalu sikat searah.

 

Nah, sekarang kita tidak perlu ragu lagi melengkapi koleksi fashion kita dengan fashion stuffs yang bermateri suede. Yang perlu diingat adalah bahwa materi suede ini tidak bisa dikeringkan di bawah sinar matahari langsung dan disikat dengan arah yang berlawanan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme