Parameter Memilih Lokasi Untuk Bisnis Franchise

Lokasi yang tepat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis. Ketika Anda berbisnis franchise, Anda dapat meminta gambaran kepada franchisor untuk membero gambaran mengenai lokasi usaha yang tepat. Biasanya franchisor akan melakukan survei lokasi sebelum melakukan pembukaan bisnis. Survei ini salah satunya berfungsi untuk mengetahui potensi pasar di sekitar lokasi yang Anda ajukan. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika Anda meminta lebih rinci gambaran dan potensi lokasi yang direncanakan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih lokasi :
1.Kepadatan penduduk
Kepadatan penduduk menjadi salah satu faktor penilaian sebelum Anda membuka usaha. Dan kepadatan penduduk menjadi salah satu indikator besarnya potensi pasar usaha yang ingin Anda geluti, meskipun hal ini belum menjadi ukuran final. Tentunya Anda tidak mau membuka usaha di tempat yang sepi, bukan?
2.Daya beli masyarakat
Jika kepadatan penduduk tidak linear dengan daya beli masyarakatnya, maka lokasi tersebut tidak tepat sebagai tempat usaha. Oleh karenanya Anda juga perlu mencermati bagaimana tingkat penghasilan masyarakat di sekitar calon lokasi. Selain itu Anda juga perlu mencermati apakah kira-kira masyarakat menyukai produk yang akan Anda jual.
3.Aksesibiltas
Anda juga harus memastikan calon tempat usaha yang Anda pilih mudah diakses. Bahkan jika perlu Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal kecil seperti ketersediaan tempat parkir dan kemudahan akses dari jalan utama. Jangan sampai konsumen enggan membeli produk Anda hanya karena lokasi tempat usaha yang sulit diakses.
4.Kompetisi
Pertimbangkan juga tingkat kompetisi usaha yang ingin Anda jalankan. Jika di lokasi tersebut sudah jenuh dengan usaha yang menawarkan produk sejenis, bisa jadi lokasi itu menjadi tidak strategis buat Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme