Pelajaran Berharga dalam Memulai Bisnis

Memulai suatu bisnis sendiri memanglah bukan hal yang mudah. Diperlukan banyak pengorbanan baik dari segi waktu, tenaga, modal dan bahkan ada juga yang mengorbankan reputasi yang telah dimiliki sebelumnya. Namun, semua pengorbanan tersebut akan sebanding dengan kepuasan batin dan kebanggan yang kita rasakan ketika sukses menjalankan bisnis tersebut. Berikut ini akan dibahas beberapa pelajaran berharga dalam memulai bisnis :
1.Memiliki mimpi yang besar
Sebuah usaha yang sukses selalu bermula dari suatu mimpi yang besar. Namun mimpi saja tidaklah cukup. Anda harus percaya pada diri sendiri dan ide bisnis yang kita rintis. Langkah berikutnya adalah merealisasikan mimpi besar Anda menjadi suatu tindakan nyata.
2.Cocokkan impian dengan tindakan
Setelah mempunyai impian besar, cobalah mengambil inisiatif dan memastikan bahwa Anda bekerja setiap hari untuk menggapai impian tersebut. Perlu diingat mempunyai impian besar tapi tidak dibarengi dengan kerja keras hanyalah hal yang sia-sia.
3.Selalu percaya pada bisnis yang Anda jalankan
Ketika Anda memutuskan menjadi pebisnis, Anda haruslah fokus pada tujuan Anda. Anda harus percaya diri dalam memasarkan produk Anda. Sekalipun Anda belum memiliki skill yang mumpuni dalam pemasaran, seiring dengan berjalannya bisnis Anda, Anda akan memperoleh berbagai pengalaman baru dan mengasah kemampuan marketing Anda.
4.Jangan takut berbuat kesalahan
Adakalanya Anda akan membuat kesalahan dalam bisnis Anda. Namun tidak perlu khawatir, karena kesalahan memang suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam berbisnis. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mengambil pelajaran berharga dari kesalahan tersebut untuk kemajuan bisnis Anda nantinya.
5.Menghormati pelanggan
Kesuksesan suatu bisnis tidak dapat lepas dari peran pelanggan Anda. Bisnis Anda hanya akan ada jika Anda mampu menarik dan mempertahankan pelanggan. Anda hanya dapat melakukan itu jika Anda memahami apa yang mereka inginkan dan memperlakukan mereka dengan hormat. Dengarkan apa yang pelanggan butuhkan.
6.Selalu berpikiran positif
Membangun bisnis tidak selalu akan mendapat dukungan dari orang-orang di sekitar kita. Mereka mungkin saja akan mencemooh atau bahkan berusaha menghentikan langkah Anda. Jauhi perkataan negatif tersebut dan fokuslah kepada orang-orang yang mendorong dan menginspirasi Anda untuk terus maju.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme