work-hard-and-be-a-young-entrepreneur

 

Saat ini banyak sekali anak muda yang mencapai kesuksesan dalam bisnis. Meskipun kebanyakan anak muda menghabiskan usia mudanya untuk menimba ilmu, dan kebanyakan orang mungkin akan meragukan bahwa anak muda bisa menjalankan bisnisnya sendiri dan sukses, namun banyak anak muda yang membuktikan bahwa anak muda juga dapat sukses dalam berbisnis. Terdapat beberapa pelajaran yang dapat diambil bagi Anda yang ingin memulai bisnis di usia muda :

1.       Percaya diri

Mungkin kebanyakan orang meremehkan kemampuan anak usia 20-an dalam menjalankan bisnis sendiri, karena mereka menilai usia tersebut masih belum memiliki pengetahuan, pengalaman dan kemampuan yang mumpuni untuk memulai bisnis sendiri. Bahkan mungkin akan ada orang yang meremehkan melalui ucapan maupun sindiran melihat usaha yang kita lakukan. Namun yang perlu kita lakukan adalah tetap percaya diri dalam menjalankan usaha kita. Jadikan nasihat dan masukan yang positif bagi kita sebagai pelajaran baru, dan hal yang negative menjadi motivasi untuk berusaha lebih baik lagi.

2.       Mengatur waktu

Usia muda merupakan usia produktif dan aktif dalam berbagai bidang. Belajar, memulai usaha, menjalin pertemanan, aktif di organisasi dan berkumpul dengan keluarga menjadi sebagian dari aktivitas yang dijalankan anak muda. Oleh karenanya Anda harus pandai mengatur waktu, terutama dalam hal kewajiban untuk menuntut ilmu. Jangan sampai karena kesibukan menjalankan usaha, Anda mengesampingkan kewajiban utama Anda untuk menuntut ilmu.

3.       Siap menjadi pemimpin

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha berarti Anda juga harus siap menjadi seorang pemimpin. Karena dalam berbisnis tidak hanya terdiri dari 1 aspek dan dijalankan oleh satu orang saja. Mulai dari perencanaan, produksi, pengiriman barang dan pelayanan customer tentu tidak akan dilakukan oleh 1 orang saja. Memimpin orang lain tidak akan lebih baik ketika Anda tidak mampu memimpin diri Anda sendiri.

4. Membangun kepercayaan

Integritas adalah salah satu modal agar bisnis bisa berkembang dan bertahan di masyarakat. Ketika kita sudah mulai masuk ke pasaran dan banyak orang yang mengetahui kita, kepercayaan merekalah yang menjadi modal utama kesuksesan kita. Kepercayaan juga bukan hal yang kita butuhkan dari pelanggan. Tapi harus kita berikan kepada karyawan dan rekan bisnis kita. Saling mempercayai adalah kunci kerja tim yang sukses. Kepercayaan juga salah satu motivasi seseorang untuk bisa bekerja sesuai dengan harapan.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme