pentingnya analisis swot dalam berbisnis

Pentingnya Analisis SWOT dalam Berbisnis

pentingnya analisis swot dalam berbisnis

Analisis SWOT dalam berbisnis sangat penting bagi pebisnis untuk menganalisa, mengevaluasi, dan menentukan strategi bisnis apa yang akan dipakai dan unggul dalam persaingan dengan kompetitor.

Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan bagi pebisnis untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek terkait bisnis yang anda tekuni.

Keempat faktor tersebut yang nantinya merupakan suatu dasar untuk menganalisa seputar faktor-faktor yang akan menunjang kemajuan bisnis anda. Dalam proses ini nantinya akan berkaitan dengan penentuan tujuan yang spesifik seputar bisnis anda dan kemudian mengidentifikasi baik faktor internal dan eksternal yang menunjang dan yang tidak dalam mencapai tujuan bisnis tersebut.

Analisis SWOT dapat diterapkan dalam bisnis anda dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang akan mempengaruhi keempat faktor tersebut, lalu menerapkannya dalam gambar matriks SWOT, dimana pengaplikasiannya adalah bagaimana kekuatan bisnis anda (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang bisnis (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan pada bisnis anda (weaknesses) supaya tetap menjadi keuntungan (advantage) dari peluang bisnis (opportunities) atau inovasi yang terdapat pada bisnis anda, dan selanjutnya bagaimana kekuatan bisnis anda (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan berbeda dengan para kompetitor anda.

1. Strengths (kekuatan)

Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

2. Weakness (kelemahan)

Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

3. Opportunities (peluang)

Merupakan kondisi peluang yang akan berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, atau bahkan kondisi lingkungan sekitar.

4. Threats (ancaman)

Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu proyek atau konsep bisnis itu sendiri. Setelah dibuat pemetaan analisis SWOT maka dibuatkanlah tabel matriks yang nantinya akan ditentukan sebagai tabel informasi SWOT. Kemudian dilakukan perbandingan antara faktor internal yang meliputi Strength dan Weakness dengan faktor luar Opportunity dan threat. Setelah itu kita dapat melakukan strategi alternatif untuk dilaksanakan. Strategi tersebut yang dipilih merupakan strategi yang paling menguntungkan dengan resiko dan ancaman yang paling kecil.

Selain pemilihan alternatif analisis Swot juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan, inovasi dan improvisasi. Dengan mengetahui kelebihan (Strength dan opportunity) dan kelemahan(weakness dan threat), maka anda dapat melakukan strategi untuk melakukan perbaikan diri. Mungkin salah satu strateginya dengan meningkatkan Strength dan opportunity atau melakukan strategi yang lain yaitu mengurangi weakness dan threat.

Demikian informasi yang sudah Mr.Fresh bagikan seputar analisis SWOT yang sangat penting bagi kemajuan bisnis anda, semoga bermanfaat. Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme