Rencana bisnis merupakan satu faktor yang penting dalam pelaksanaan bisnis. Namun masih banyak pebisnis yang cenderung menganggap business plan hanyalah sebagai suatu formalitas. Padahal dengan adanya business plan, akan sangat membantu dalam berjalannya bisnis ke depannya. Berikut akan dijabarkan beberapa alasan mengapa business plan sangat penting bagi bisnis Anda:

1. Mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis

Dalam sebuah business plan, Anda akan menguraikan segala kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari modal, karyawan, biaya operasional dan lain sebagainya. Semuanya ditulis dengan lengkap, sehingga Anda dapat mengetahui segala yang Anda perlukan untuk membangun suatu bisnis dan menentukan strategi bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Membuat Anda fokus pada tujuan

Bussiness plan harus berisi visi, misi dan tujuan yang spesifik sehingga akan sangat membantu Anda merencanakan bagaimana dan kapan mencapai tujuan-tujuan tersebut. Hal ini akan menjadikan Anda tetap fokus dan konsisten menjalankan langkah-langkah untuk mencapai target bisnis Anda.

3. Membantu dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor

Dengan adanya analisa pemasaran (SWOT Analisis) berupa kekuatan (Strenght), peluang (Opportunity), kelemahan (Weakness) dan Tantangan (Threat) akan sangat membantu Anda dalam membuat strategi pemasaran dan akan sangat membantu untuk terus melakukan inovasi dalam mengembangkan bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis dari para kompetitor.

4. Mendapatkan modal dari investor

Bagi Anda yang perlu mencari investor untuk mendanai bisnis, Anda mutlak harus memiliki business plan. Bussiness plan dengan riset yang baik membuat perhitungan realistis yang akan mampu meyakinkan calon investor bahwa Anda cukup menguasai bisnis Anda dan membuatnya mengerti bahwa bisnis Anda bisa menjadi investasi yang potensial baginya.

Meskipun Anda belum memiliki rencana untuk mencari modal, business plan tetap dapat digunakan untuk memetakan masa depan bisnis Anda. Dengan menuliskan gagasan-gagasan Anda di atas kertas, Anda dapat menyusun strategi-strategi untuk menghadapi berbagai tantangan dan hambatan yang mungkin akan terjadi. Sehingga business plan inilah yang akan bertindak sebagai panduan bisnis Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme