Secara garis besar, business plan adalah sebuah rencana kerja untuk sebuah bisnis misalnya, mengalokasikan sumber daya, fokus pada poin-poin penting, dan mempersiapkan bisnis untuk masalah-masalah dan peluang pasar. Rencana bisnis menjadi bagian penting untuk menunjang kesuksesan sebuah bisnis. Pasalnya, rencana bisnis merupakan alat untuk melakukan proyeksi serta analisa bagi pengambil keputusan dan kebijakan yang akan dijalankan pemilik bisnis. Berikut akan dibahas beberapa alasan mengapa business plan penting dalam dunia bisnis.

Pemahaman atas bisnis sendiri

Seringkali dijumpai seorang pebisnis yang kebingungan ketika harus menjelaskan bisnis yang ia tekuni. Dengan menyusun sebuah rencana bisnis, seorang pebisnis ‘dipaksa’ untuk dapat memahami secara mendalam bisnisnya sendiri sehingga orang lain pun dapat memahami bisnis yang tengah Anda jalani.

Kebutuhan untuk pendanaan

Ketika usaha yang dirintis mulai berkembang dengan pesat maka kebutuhan akan modal atau pendanaan juga tidak dapat dipungkiri akan bertambah. Untuk menarik investor, Anda membutuhkan sebuah rencana bisnis sehingga bisnis Anda dapat menarik orang lain untuk berinvestasi.

Kemitraan strategis

Selain menarik investor, rencana bisnis ini juga dapat Anda berikan kepada mereka yang sekiranya potensial menjadi mitra bisnis Anda. Dengan adanya business plan, calon mitra Anda akan lebih memahami bisnis Anda dan akan sangat membantu Anda untuk mempresentasikan bisnis Anda.

Wujud keseriusan dalam berbisnis

Wujud keseriusan Anda sebagai seorang pebisnis seringkali ditentukan oleh bagaimana Anda melakukan perencanaan bisnis Anda. Rencana bisnis dapat mencerminkan tingkat keseriusan Anda dalam berbisnis, terutama dalam hubungan dengan pemasok atau pelanggan. Para investor atau konsumen tidak mungkin berbisnis dengan perusahaan yang mengabaikan perencanaan masa depan mereka karena berpengaruh terhadap perkembangan bisnis mereka pula.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme