Wewangian Sesuai Mood

Siapa yang tak suka aroma yang wangi? Ya! Indra penciuman manusia akan menyukai aroma yang wangi. Oleh karena itu tidak salah jika menggunakan wewangian menjadi keharusan bagi kita. Wewangian tidak hanya membuat kita percaya diri karena terhindar dari bau badan tetapi wewangian sesuai mood itu dapat merubah sikap anda, ada beberapa manfaat lain yakni:

1. Membangkitkan Semangat
Jika anda sedang merasakan kesedihan atau kelelahan, bisa coba segarkan diri dengan wewangian favorit anda. Wewangian mampu memperbaiki mood, menambah semangat dan pastinya menambah kepercayaan diri. Dikutip dari suaramerdeka.com, peneliti di universitas Wina dan Berlin baru-baru ini menemukan bahan kimia yang terdapat pada cendana dan kemenyan, ternyata mampu meningkatkan kadar oksigen dalam otak sebesar 20 persen. Hal ini berdampak pada meningkatnya fungsi sistem kekebalan tubuh, keseimbangan hormon, dan energi.

2. Mencerminkan Diri
Beberapa orang menyukai aroma wewangian yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan pilihan wewangian memang mencerminkan diri kita sendiri.

3. Membangkitkan Kenangan
Wewangian mempengaruhi bagian dari otak yang menyimpan kenangan. Wewangian membantu mengingatkan kenangan instimewa. Dikutip dari suaramrdeka.com, disebutkan bahwa secara fisiologis, menghirup aroma wangi parfum favorit akan menstimulasi bagian otak yang menganalisa rasa dan menyimpan kenangan emosional. Selain itu terstimulasi juga pada area yang berhubungan dengan keseimbangan denyut jantung, tekanan darah, pernapasan, tingkat stres dan juga hormon.

Kali ini Mr.Fresh akan merangkumkan beberapa manfaat parfum serta pilihan parfum sesuai dengan mood yang Anda rasakan.

1. Saat stres, cobalah wewangian dengan aroma Bergamot, Clary Sage, Frankincense, Grapefruit, Jasmine, Lavender, Mandarin, Neroli, Patchouli, Chamomile, Rose, Sandalwood, Vetiver, atau Ylang Ylang. Jika Anda memilih aroma melati, wewangian dari bunga ini juga bisa membuat relaks otot-otot tubuh yang sedang kelelahan. Wewangian ini juga cocok ditaruh di kamar tidur, sehingga saat Anda merasa kelelahan, tidur menjadi lebih nyenyak sehingga keesokan harinya Anda bangun dalam kondisi lebih segar.

2. Tengah lesu dan butuh penyemangat, hiruplah aroma citrus, aroma buah anggur, atau aroma lemon dan aroma tanaman tropis. Merupakan aroma yang dapat menjadi pembangkit semangat yang alami. Sebagai contoh, kulit buah lemon mengandung wewangian yang bisa menambah semangat, vitalitas, juga perasaan bahagia. Menurut penelitian, sari pada kulit buah lemon bisa berfungsi untuk menjernihkan dan menstimulus saraf sehingga pikiran jadi lebih positif dan membangkitkan energi positif.

3. Untuk mempertajam memori dan konsentrasi, cobalah wewangian dengan aroma Basil, Black Pepper, Cypress, Lemon, Peppermint, Rosemary. Anda juga bisa mencoba aroma kombinasi bunga. Aroma ini membuat orang mudah berkonsentrasi. Salah satu yang bisa digunakan adalah minyak asiri dari bunga Lavender sering dijadikan bahan aromaterapi. Sebagai bahan wewangian, Lavender memiliki fungsi yang luar biasa. Oleh karena itu, wewangian ini disarankan untuk diletakkan di sekitar tempat kerja Anda. Selain harum, konsentrasi berkerja Anda akan lebih baik.

4. Untuk mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi, hiruplah wewangian beraroma Bergamot, Cedarwood, Clary Sage, Frankincense, Grapefruit, Jasmine, Lemon, Neroli, Orange, Chamomile, Sandalwood, Vetiver.

5. Untuk sebuah perasaan gembira, cobalah menghirup aroma Cypress, Frankincense, Helichrysum, Neroli, Rose, Sandalwood, dan Vetiver.

6. Ingin menenangkan hati, coba aroma mentimun segar. Aroma ini terbukti mampu menenangkan suasana hati sehingga penampilan tambah memesona.

7. Sedang berdiet. Coba aroma mint, Penelitian menunjukkan aroma mint menciptakan sensasi tak mudah lapar. Berat badan ideal pun bisa terjaga.

Itu tadi beberapa jenis aroma yang bisa Fresher sesuaikan dengan mood Anda. Silahkan dicoba ya Fresher.

sumber : health.kompas.com, www.cleo.co.id, suaramerdeka.com

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme