Ritme hidup masyarakat modern yang padat dengan aktivitas sehari-hari menjadikan masyarakat seringkali tidak sempat untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci. Sebagai alternatifnya, masyarakat perkotaan lebih memilih untuk mencucikan pakaiannya di laundry, yang dinilai lebih efisien dari segi tenaga dan waktu. Fakta inilah yang kemudian menjadikan bisnis laundry menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, karena kebutuhan konsumen akan jasa laundry yang semakin hari semakin bertambah. Namun sebelum memulai bisnis dalam bidang laundry, kita memperhatikan beberapa hal di antaranya :

1. Menentukan Lokasi

Lokasi menjadi faktor yang penting dalam menunjang kesuksesan dari sebuah bisnis laundry.  Lokasi yang akan dijadikan tempat memulai bisnis laundry haruslah tempat yang strategis dan memiliki pangsa pasar yang jelas untuk target pemasaran laundry kita, misal lingkungan kos-kosan atau area perumahan.

2. Menentukan Target Pasar

Sebelum saat memulai usaha laundry ini, kita mesti mempertimbangkan masalah customer. Kita perlu memiliki prediksi tentang siapapun yang nantinya akan menjadi customer kita. Hal tersebut dapat dilihat dari lingkungan sekitar lokasi dimana kita akan mendirikan bisnis tersebut. Di samping itu kita juga harusmempertimbangkan kelas ekonomi dari masyarakat sekita lokasi, sekiranya membutuhkan jasa laundry atau tidak. Kita juga perlu melihat aspek persaingan di sekitar lokasi.

3. Promosi

Promosi menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang kesuksesan bisnis kita. Promosi ini dapat dilakukan menggunakan berbagai media, seperti brosur maupun pamflet. Selain itu dapat juga memanfaatkan kemajuan teknologi dengan berpromosi menggunakan media sosial. Sebagai salah satu alternatif promosi dapat juga dilakukan dengan menyediakan layanan delivery untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan.

Untuk memudahkan dalam memulai bisnis laundry, kita dapat juga mempertimbangkan bergabung dalam franchise laundry, dimana kita akan memperoleh berbagai fasilitas dan keuntungan yang dapat menjamin kesuksesan bisnis laundry kita. Salah satu alternatifnya adalah bergabung dengan franchise Simply Fresh Laundry, dimana segala kebutuhan dalam memulai bisnis laundry sangat diperhatikan dengan baik dan didukung dengan sistem yang telah terbukti dan teruji. Simply Fresh Laundry juga telah mencetak pengusaha-pengusaha sukses dengan lebih dari 250 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Maka tidak mengherankan Simply Fresh Laundry menjadi solusi terpercaya dalam bisnis franchise laundry kiloan.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme