usaha franchise laundry

Prospek Usaha Laundry

Usaha laundry sedang booming dan naik pesat, banyak kita jumpai beberapa outlet yang tidak jauh dari rumah kita. hal itu menunjukan bahwa laundry memang sangat memiliki prospek bisnis yang sangat baik. perputaran uang di dunia bisnis ini sangat menjanjikan dan menguntungkan karena berupa bidang usaha “JASA”.

Peluang bisnis laundry yang sedang booming dan primadona di tanah air harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan membuka usaha laundry kiloan maupun satuan. Peluang emas tidak datang dua kali. Biasanya pada saat ini usaha laundry akan mengalami keuntungan yang lumayan besar disebabkan persaingan yang masih sedikit. Usaha laundry memiliki pangsa pasar besar sekali yakni semua kalangan. Sehingga potensi keuntungan pun lumayan besar. Ditambah usaha jasa laundry sangat mudah dalam mengoperasikan dan memasarkannya. Inilah yang membuat sebagian pelaku usaha membuka usaha laundry.

Berapa Modal Usaha Membuka Gerai Jasa Laundry

Salah satu hal yang paling ditanyakan oleh banyak orang yang hendak membuka usaha laundry adalah berapa banyak modal yang diperlukan untuk memulai usaha jasa laundry secara kiloan maupun satuan sampai beroperasi. Hal ini tak terlepas dari sistem studi kelayakan, perencanaan dan penyesuaian terhadap anggaran yang dimiliki. Perhitungan harus dilakukan secermat mungkin sebelum memulai usaha laundry agar terhindar dari kerugian.

Mengenai masalah modal dalam membuka usaha laundry bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial. Sobat bisa memulai usaha laundry dengan modal kurang dari Rp 10 juta dan bisa juga membuka usaha laundry yang skala lebih besar dengan modal lebih dari sepuluh juta. Semua itu tergantung keinginan sobat mengenai berapa besar usaha jasa laundry yang hendak dibuka kelak.

Berikut ini rincian modal usaha laundry hingga beroperasi yang terdiri-dari 2 bagian yakni modal investasi dan biaya modal kerja. Sedangkan perhitungan selanjutnya adalah perkiraan arus kas masuk dari usaha bisnis laundry. Sehingga margin keuntungan dan BEP dapat terlihat.

Perhitungan biaya investasi untuk usaha laundry antara lain :
1. Mesin cuci                                      Rp   1.200.000
2. Setrika                                           Rp      200.000
3. Timbangan                                      Rp       50.000
4. Rak                                                Rp     300.000
5. Meja dan Kursi                              Rp     200.000
6. Hanger dan Jepitan Pakaian            Rp     150.000
7. Ember Ukuran Jumbo                     Rp       50.000
8. Sewa bangunan selama 1 tahun       Rp  5.000.000
9. Spanduk ukuran 2 meter                 Rp       40.000
10 Barang lain sebagainya                   Rp     500.000
Total Biaya Investasi Usaha Laundry   Rp  8.190.000

Sementara itu biaya modal kerja usaha jasa laundry, meliputi : administrasi yang mencakup laporan kas, nota, pena, buku, karbon, kertas, selotip, stapless dan isinya seharga Rp 200.000. Detergent, pewangi, kispray, sitrun, refill kispray, sabun mandi, Baryclin, shampoo, parfum seharga Rp 400.000. Plastik dan tali harga Rp 50.000, Listrik dan Air harga Rp 400.000, Gaji 1 Karyawan Rp 800.000, Lain-Lain Rp 150.000. Total Biaya Modal Kerja Usaha Laundry sebesar Rp 2.000.000.

Jadi rincian modal usaha laundry hingga beroperasi adalah biaya investasi Rp 8.190.000 + biaya modal kerja Rp 2.000.000 = Rp 10.190.000. Jika ditunjang lokasi usaha strategis dan promosi gencar maka laba bersih rata-rata bulanan bisa mencapai sekitar Rp 3 juta lebih. Dan balik modal dalam waktu empat bulan.

Setelah balik modal maka sobat tak memerlukan biaya investasi lagi namun memerlukan biaya modal kerja yang didapatkan dari keuntungan usaha laundry bulan sebelumnya. Untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan dikarenakan usaha laundry masih baru berdiri seperti sepi pelanggan dan tahap proses pemasaran maka  biaya modal kerja dalam empat bulan ke depan perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi jika tidak mendapatkan laba bersih yang mencukupi hasil usaha laundry. Ke depannya dengan semakin dikenal usaha laundry akan semakin banyak pelanggan yang datang dan mampu membiayai biaya modal kerja. Salah satu caranya dengan menerapkan strategi usaha laundry laris manis.

Tahapan & Kunci Sukses Usaha Laundry Laris Manis

Dalam menjalankan usaha laundry tidak boleh sembarangan. Tentunya memerlukan kiat, strategi khusus dan cara agar usaha laundry yang anda jalani bisa menguntungkan dan laris manis. Inilah yang membedakan antara usaha laundry yang sepi pelanggan dan laris manis. Usaha laundry yang laris manis menerapkan jurus dan strategi kreatif dan efektif pada sebuah usaha jasa laundry.

Tahapan dalam menjalankan usaha laundry yang berhasil, yaitu :

  1. Menerima pakaian yang akan dicuci dari tangan konsumen. Timbang berat pakaian secara akurat lalu catat. Terangkan jenis layanan, harga, lama layanan dan atas nama siapa layanan itu
  2.  Mencuci pakaian dengan baik dan benar. Seperti memisahkan pakaian berdasarkan jenis bahan dan warna supaya menghindarkan diri dari kerusakan pakaian
  3. Pengeringan pakaian
  4.  Penyetrikaan agar pakaian rapi dan wangi
  5.  Pengepakan ke dalam plastik secara rapi dan tak kusut
  6.  Menyimpan di susunan rak untuk memudahkan diambil oleh konsumen

Berikut ini sejumlah tips sukses membuka usaha laundry yang laris manis atau laku keras mengalahkan para pesaing, antara lain :

  1. Memiliki kemauan yang kuat untuk sukses dalam usaha laundry satuan dan kiloan. Karena akan banyak tantangan dan masalah dalam menjalankan usaha laundry. Misalnya usaha laundry sepi, persaingan usaha dan banyak lagi. Hambatan dan rintangan itu akan selalu ada dan jangan membuat anda menyerah. Justeru itu merupakan proses menuju keberhasilan. Melalui masalah dan hambatan itu, anda belajar lebih profesional dalam bisnis laundry dan lebih baik dari pesaing
  1. Pemilihan lokasi usaha yang strategis. Inilah langkah selanjutnya setelah mempunyai mental kuat dan mengetahui rincian modal usaha laundry hingga beroperasi yakni memilih lokasi usaha laundry yang strategis. Pilihlah lokasi usaha yang masih jarang pesaing atau bahkan tidak ada pesaing sama sekali. Lalu lakukan uji kelayakan lokasi usaha laundry dengan melakukan riset pasar. Apakah masyarakat sekitar membutuhkan usaha laundry di daerah tersebut? Dll. Tempat yang cocok dijadikan usaha laundry misalnya di pinggir jalan raya, dilalui banyak orang, di mal, dekat pusat perbelanjaan, dekat kampus, dekat permukiman warga, di sekitar perumahan, dekat pusat pendidikan, dekat kost-kostan atau kontrakan, di sekitar perkantoran, dekat minimarket dan lain sebagainya.
  2. Pelayanan cepat dan ramah serta kualitas pakaian hasil laundry harus bagus, bersih, wangi dan rapi. Jangan sampai mengecewakan pelanggan. Oleh sebab itu, sebelum membuka usaha jasa cuci pakaian laundry pelajari cara mencuci pakaian yang baik dan benar. Karena itu termasuk dalam rangka pelayanan pelanggan yang baik, prima dan memuaskan. Misalnya, membersihkan pakaian menggunakan detergent berkualitas dalam takaran pas, memberikan pewangi pakaian yang bagus dalam ukuran tepat, cepat dan tepat waktu dalam pengerjaan, pakaian hasil laundry tidak kusut, luntur, kusam dll. Itu merupakan bagian dari pelayanan konsumen yang maksimal agar mereka mau balik lagi.
  1. Harga terjangkau dan lebih murah dari pesaing. Harga jasa cuci laundry kiloan dan satuan yang ditawarkan bukan hanya menyesuaikan dengan harga pasaran. Tapi juga usaha laundry sobat harus memberikan harga yang lebih murah dari kompetitor walaupun sedikit misalnya selisih Rp 500. Ini dilakukan untuk menarik para pelanggan dan mengalahkan persaingan usaha laundry
  1. Pemasaran. Promosi usaha laundry bisa dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, memasang spanduk, xbanner, neonbox, reklame dan lain sebagainya. Siapkan armada kendaraan jasa antar jemput pakaian secara gratis untuk memanjakan dan memudahkan konsumen
  1. Garansi. Layanan garansi yang diberikan bisa berupa mengganti cucian yang rusak atau hilang dengan nilai uang tertentu.

Waralaba Usaha Laundry

Jika anda tidak mau ribet dan repot dalam membuka usaha laundry dari nol, repot mengurusi operasional usaha laundry, memberi merek laundry, dan membuat sistem usaha laundry yang berhasil hingga beroperasi maka bisa mengambil tawaran franchise waralaba laundry. Kelebihan waralaba laundry sangat banyak. Seperti sistem SOP yang sudah terbukti berjalan sukses, nama waralaba laundry yang telah dikenal masyarakat luas, pelanggan setia yang banyak, dan lain sebagainya. Sistem paket kerjasama yang ditawarkan setiap waralaba laundry berbeda-beda. Misalnya dalam segi modal investasi yang harus disetorkan, syarat menjadi mitra waralaba, dan lain sebagainya.

Waralaba laundry yang bisa sobat beli seperti Simply Fresh Laundry, Super Wash Laundry, Bio Clean Laundry, dan lain-lain. Sebelum menjadi mitra waralaba laundry terlebih dahulu calon mitra harus membaca ketentuan dan persyaratan serta biaya investasi yang harus disetorkan. Pihak waralaba laundry pusat akan membimbing usaha laundry sobat hingga berhasil. Bagaimana sobat tertarik?

Demikianlah rincian modal usaha laundry hingga beroperasi yang bisa penulis sampaikan. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme