laundry rumahan

Lahan yang sempit dan lahan yang kurang memadai menjadi salah satu alasan non teknis apabila kita mempunyai rencana untuk membangun sebuah usaha laundry,pilihan ada dengan memutar otak menggunakan lahan seadanya (garasi, kamar tamu, kamar bagian depan).

Franchise laundry juga dapat dijadikan sebuah alternatif yang paling tepat, dengan bergabung sebagai franchisor, kita akan mendapatkan support dari managemen sebaik mungkin.

Mencuci dan menyetrika baju adalah salah satu kegiatan rutin yang memang harus dilakukan. Tetapi, bagi sebagian orang, khususnya yang tinggal di kota-kota besar, karena keterbatasan waktu dan tenaga kegiatan ini tak sempat dilakukan.Keterbatasan tersebut membuka peluang bisnis yang menjanjikan bagi Anda yang melihatnya. Mereka yang tak mau repot untuk mencuci dan menyetrika baju, mengalihkan tanggung jawab ini pada pihak lain dengan sejumlah biaya tertentu. Peluang usaha laundry sangatlah terbuka lebar bagi Anda.

Pada umumnya, orang-orang yang tak bisa / tak mau repot mencuci baju sendiri akan langsung datang ke tempat laundry dan memberikan baju-bajunya untuk dicucikan. Ada juga beberapa usaha laundry terutama usaha-usaha yang berskala besar, secara khusus memberikan layanan plus, berupa antar jemput cucian dari rumah ke rumah.

Jumlah dan jenis baju akan dicatat dan diberi tanda agar tidak tertukar karena jumlah pelanggan yang cukup banyak. Jika dilihat secara umum, usaha laundry ini ada 2 jenisnya yang sedang berkembang saat ini, yaitu laundry kiloan dan dry clean. Ada juga bisnis laundry yang bersifat self-service, yaitu pelanggan datang langsung dan mencuci sendiri ke mesin-mesin cuci yang telah tersedia.

Tetapi, bisnis laundry dengan jenis self-service ini memang belum terlalu berkembang pesat, karena membutuhkan tenaga dan waktu sendiri, yang sebenarnya itu hal yang ingin dihindari. Dry clean merupakan bisnis laundry yang dilakukan dengan metode khusus, yang disesuaikan dengan barang dan bahan yang akan dicuci.

Mesin cuci yang digunakan juga harus memenuhi standar dan kapasitas tertentu. Bahkan, ada juga jenis barang tertentu yang dikerjakan dengan tangan. Dry clean memang ditujukan secara khusus untuk benda / barang / pakaian yang memerlukan perawatan spesial, seperti baju dari bahan sutra, jas, karpet, dan lain sebagainya.

Karena diperlukan mesin cuci dengan spesifikasi tertentu dan SDM yang memang ahli di bidangnya, maka yang sanggup menjalankan bisnis laundry jenis ini adalah pengusaha laundry berskala besar.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme