senyum

Sudah kah bersedekah hari ini Fresher? Sedekah itu tidak selalu pakai uang loh fresher… kali ini Mr. Fresh ingin berbagi sedikit ilmu tentang sedekah yang paling mudah,tidak harus pakai uang,makanan,pakaian dll. disimak ya fresher

Sedekah adalah amalan yang sangat mulia, sebagaimana kita tau bahwa tangan yang di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah. Pemberi lebih baik dari penerima. Kenapa demikian, sebab memberi kepada orang lain atau bersedekah adalah bentuk kasih sayang dan kepedulian kita kepada orang lain.

Mr. Fresh yakin, agama manapun di dunia ini sepakat untuk mengatakan bahwa bersedekah adalah amal yang sangat terpuji.

Namun taukah Fresher, bahwa islam memiliki pandangan yang sangat luas tentang sedekah serta sangat menganjurkan ummatnya untuk bersedekah sebaik-baiknya. Hingga kita dapati bahwa ummat islamlah yang bisa bersedekah setiap saat dan siapapun bisa. Karena islam memiliki pemahaman yang unik tentang sedekah.

Islam tidak memahami sedekah hanya sebatas memberikan uang, makanan, minuman atau pakaian sekedarnya saja kepada faqir dan miskin. Tapi lebih luas dari itu. Islam memahami bahwasanya sedekah adalah upaya membuat saudara seiman dan sesama manusia merasakan kebahagiaan. Jika kita merasa bahwa dengan memberikan sepeser uang atau seteguk air itu bisa membuat saudara kita yang miskin menjadi bahagia, maka hal tersebut adalah sedekah.

Sedekah yang paling mudah adalah tersenyum. Sebab, senyum adalah ekspresi yang paling menyenangkan yang bisa kita berikan kepada saudara kita yang lain. Dan islam menganggap bahwa senyum yang kita berikan kepada saudara seiman adalah sedekah. Karena hal tersebut tentu akan membuat saudara kita nyaman dan bahagia. Senyum adalah sedekah yang paling mudah dan murah.

Jika sedekah yang paling mudah adalah memberikan senyuman kepada saudara kita, maka sedekah yang paling mudah adalah sedekah yang diajarkan oleh islam. Karena, islam tidak membatasi perbuatan mulia ini hanya pada pemberian uang atau harta kepada faqir miskin saja, tapi lebih luas dari itu, seperti yang telah dijabarkan di atas. Maka, kita wajib bersyukur karena memeluk islam, dan wajib menggalakan sedekah kepada sesama semampu kita.

Jika kita hanya mampu membuat saudara kita bahagia dengan senyuman, maka tersenyumlah. Jika kita mampu memberikan manfaat dan kebahagiaan kepada sesama dengan ilmu yang kita miliki, maka bagikanlah. Mengizinkan seseorang untuk berteduh di rumah kita ketika hujan juga merupakan sedekah.

Nah Berarti orang yang tidak mau tersenyum termasuk orang yang sangat miskin? ya, karena dia tidak mampu bersedekah dengan cara yang paling murah, apalagi harus mengeluarkan uang?

Maka, tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk menjadi seorang yang bakhil dan enggan berbagi kebahagiaan terhadap sesama. Karena berbagi kebahagiaan terhadap sesama akan membuat kita ikut bahagia. Hidup yang membahagiakan adalah hidup yang dipenuhi dengan “berbagi”. Maka jadilah orang yang paling banyak bersedekah!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme