Bisnis franchise atau waralaba merupakan salah satu jenis bisnis yang populer di Indonesia belakangan ini. Dengan berbagai macam keuntungan yang ditawarkan, maka tidak mengherankan bisnis franchise menjadi salah satu alternatif bagi para pebisnis untuk berinvestasi. Kata franchise sendiri berasal dari Bahasa Prancis ‘Franchise’ yang berarti untuk kejujuran atau kebebasan.  Franchise dapat diartikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.

Konsep franchise atau waralaba sendiri memiliki sejarah yang panjang. Berawal dari Cina sejak 200 tahun sebelum masehi dimana saat itu, seorang pedagang Cina memperkenalkan konsep rangkaian toko untuk mendistribusikan makanan dengan merk tertentu. Konsep franchise modern kembali dikembangkan pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer, pembuat mesin jahit, ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Konsep bisnis franchise mulai berkembang secara pesat setelah Perang Dunia II berakhir. Bisnis waralaba pada masa ini banyak diaplikasi dan di dominasi bisnis makanan cepat saji. Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negara asalnya, Amerika Serikat menyebabkan waralaba kemudian digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha.

Di Indonesia sendiri, perkembangan bisnis franchise dirintis sejak tahun 1991 dan mengalami perkembangan yang pesat pada tahun 2004. Pada mulanya, bisnis franchise dimulai dengan masuknya brand-brand franchise asing ke Indonesia. Seiring perkembangan waktu, bisnis franchise di Indonesia mulai didominasi oleh brand-brand asli Indonesia dan merambah ke berbagai bidang bisnis, seperti makanan, bisnis ritel dan laundry.

Salah satu brand yang menerapkan konsep franchise di Indonesia adalah Simply Fresh Laundry, yang mana saat ini telah berhasil menjadi pelopor dan mengembangkan bisnis franchise di bidang laundry kiloan hingga mencapai lebih dari 250 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa franchise dari Simply Fresh Laundry berkualitas dan menjadikan Simply Fresh Laundry dapat menjadi satu alternatif untuk berinvestasi.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme