Strategi Bisnis Bagi Pengusaha Wanita

 

Seiring perkembangan jaman, semakin banyak wanita yang merambah dunia usaha. Sehingga saat ini banyak sekali kita jumpai pengusaha wanita yang bergerak di berbagai bidang usaha. Wanita memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan untuk dapat berhasil menjadi pengusaha, karena wanita memiliki kecenderungan lebih ulet, mudah bergaul dan jeli yang dapat menjadi nilai tambah seorang wanita dalam usaha yang dirintisnya. Berikut beberapa strategi bisnis bagi wanita untuk bisa menjadi pengusaha sukses :

1.       Berbisnis sesuai passion

Ketika Anda menjalankan suatu bisnis sesuai dengan passion yang Anda miliki maka segalanya akan berjalan lebih mudah. Misal Anda memiliki passion di bidang fashion atau memiliki keahlian dalam bidang kuliner, potensi tersebut dapat Anda kembangkan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Dan ketika Anda menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion Anda, maka dalam menjalankan bisnis Anda akan merasa lebih enjoy dan tidak terbebani.

2. Tetap tegas dalam mengambil keputusan

Kelemahan seorang wanita adalah lebih mengedepankan perasaan dibandingkan dengan logika. Hal ini dapat memunculkan resiko dalam bisnis. Oleh karenanya, ketegasan sangat diperlukan dalam mengambil keputusan dan sudah seharusnya memikirkan efek jangka panjang dari setiap keputusan yang diambil. Terutama ketegasan dalam mengelola keuangan usaha.

3.       Pisahkan keungan usaha dan dana pribadi Anda

Anda perlu berdisiplin dalam mengelola keuangan usaha Anda, sekalipun usaha Anda merupakan usaha yang baru buka. Catatlah seluruh pemasuan dan pengeluaran agar arus keuangan Anda dapat terpantau dengan baik. Jika perlu pisahkan rekening usaha dengan rekening pribadi Anda, sehingga Anda dapat benar-benar mengontrol keuangan usaha Anda dan memutarkan uang Anda untuk pengembangan usaha ke depan.

4.       Hindari anggaran belanja yang kurang penting

Sudah menjadi rahasia umum bahwa belanja adalah kegemaran setiap wanita. Namun ketika Anda mulai merintis usaha Anda sendiri, Anda harus dapat mengerem keinginan belanja dan mulai menentukan skala prioritas dalam pengeluaran Anda. Hindari pengeluaran biaya yang kurang penting dan perhatikan anggaran belanja dengan baik sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian sekalipun usaha Anda sudah memiliki omset yang besar.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme