Dalam memulai dan mengembangkan bisnis seorang pengusaha tentunya memerlukan strategi-strategi. Tanpa adanya strategi dalam berbisnis, maka bisnis hanya kana berjalan di tempat atau bahkan akan menjumpai kegagalan. Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang sedang memulai merintis bisnis perlu mempersiapkan strategi dalam berbisnis secara cermat. Berikut akan dibahas kembali beberapa strategi yang sekiranya perlu dilakukan oleh pengusaha dalam upaya untuk mengembangkan bisnisnya.

1. Selalu siap dalam menghadapi persaingan bisnis

Persaingan dalam bisnis merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Apalagi jika bisnis tersebut sudah berjalan dan memang terbukti memberikan keuntungan yang besar, maka akan memicu munculnya kompetitor dalam bisnis yang serupa. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam menghadapi pesaing yang terus bermunculan. Anda dapat menyiasatinya dengan promosi yang bagus dan memperkenalkan bahwa produk Anda memiliki nilai lebih daripada produk lainnya. Selain itu Anda juga dapat menjalankan strategi promo agar pelanggan tetap tertarik dengan produk Anda.

2. Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan

Dalam setiap bisnis, konsumen memegang peranan penting dalam keberlangsungan berjalannya bisnis tersebut. Oleh karena itu penting sekali untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan. Misalnya menerima kritik dan saran dari pelanggan untuk kemajuan bisnis Anda. Selain itu, service execellence juga mutlak diberikan kepada pelanggan, agar para pelanggan merasa senang dan selalu menjadi pelanggan tetap Anda.

3. Promosi

Promosi sangat penting dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menjaring pelanggan. Dengan promosi yang tepat maka pelanggan akan terus berdatangan dan bisnis Anda akan terus berjalan. Oleh karena itu, perlu dirancang sistem pemasaran yang dilakukan dengan semenarik mungkin agar produk yang Anda tawarkan dapat menjadi pilihan para konsumen.

4. Belajar dari kegagalan

Ketika mulai menjalankan bisnis, Anda sudah harus paham bahwa dalam berbisnis selalu ada resiko kegagalan, dan kegagalan merupakan suatu hal yang wajar dalam proses bisnis. Yang perlu ditekankan disini adalah jangna pernah takut gagal dan jangan pernah putus asa. Sikapi kegagalan tersebut secara positif dan ambil pelajaran berharga dari kegagalan yang pernah Anda alami.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme