Banyak sekali contoh perusahaan besar yang ternyata dirintis sejak pendirinya masih berusia muda, duduk di bangku sekolah maupun perguruan tinggi. Hal ini membuktikan bahwa bisnis besar pun dapat dimulai sejak usia dini, dan usia muda ternyata tidak menghalangi seseorang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa tips sukses bagi para pebisnis muda.

1. Lakukan apa yang Anda sukai

Awal mula kesuksesan dari bisnis yang dirintis oleh pengusaha-pengusaha muda adalah mereka mencintai apa yang mereka kerjakan. Jadi jika Anda ingin memulai suatu bisnis, pilihah ide usaha kecil yang berhubungan dengan minat dan kesukaan Anda, sehingga Anda akan lebih enjoy dalam menjalankan bisnis tersebut nantinya.

2. Inovasi

Kaum muda memiliki pemikiran yang segar, orisinil dan penuh energi. Jangan takut melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan siapapun, misalnya dengan membuat produk baru atau memodifikasi pasar dengan mengubah beberapa faktor seperti servis dan cara pendistribusian barang.

3. Mengatur waktu

Kendala yang sering dialami oleh para pebisnis muda adalah mengatur waktu antara bisnis dengan sekolah atau kuliahnya. Untuk itu, perlu dilakukan manajemen waktu yang baik, agar bisnis tetap dapat berkembang namun tidak mengorbankan kewajiban utama untuk menuntut ilmu.

4. Cari mentor atau panutan dalam berbisnis

Jangan minder berkenalan dan berteman dengan pengusaha lokal atau pebisnis dengan pencapaian gemilang. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami resiko dan tantangan dalam sebuah bisnis. Selain itu juga dapat menjadi rekan bertukar ide hingga memfasilitasi dalam mendapatkan investor.

5. Membangun mental

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, mental dan sikap yang positif merupakan hal yang mutlak untuk dibangun. Dengan adanya sikap positif dalam diri, maka kita tidak akan mudah putus asa ketika dalam perjalanan bisnis menjumpai kendala dan halangan. Justru kedua hal tersebut akan menjadi motivasi untuk terus maju dan mencapai kesuksesan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme