Sukses Menjadi Pengusaha Sekaligus Orangtua

Kebanyakan orang tua bercita-cita menjadi pengusaha, salah satunya agar memiliki jam kerja yang lebih fleksibel sehingga dapat meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga. Namun tidak jarang juga, orangtua yang memiliki usaha yang berkembang pesat kemudian kesulitan membagi waktu untuk keluarga. Sukses dalam usaha dan keluarga bukanlah hal yang tidak mungkin. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat sukses baik dalam bisnis maupun dalam berkeluarga :
1.Lakukan pekerjaan rutin, tapi bekerjalah fleksibel
Anak-anak mungkin melakukan aktivitas secara terjadwal. Sedangkan pekerjaan Anda juga membutuhkan banyak perhatian. Solusinya, cobalah melakukan pekerjaan rutin, tapi tetap fleksibel. Misalnya, ketika anak-anak tidur atau sedang sekolah, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda. Sehingga ketika anak beraktivitas di rumah, Anda tetap dapat memberikan perhatian penuh pada anak.
2.Luangkan waktu untuk anak-anak
Sesibuk apapun Anda, sebisa mungkin luangkanlah waktu untuk anak. Anda dapat meluangkan waktu di akhir pekan untuk berlibur atau melakukan berbagai aktivitas bersama anak. Sedapat mungkin Anda mengoptimalkan waktu Anda bersama anak tanpa terganggu pekerjaan.
3.Prioritaskan keluarga, tapi coba pahami ada kalanya Anda harus memprioritaskan bisnis
Keluarga memang jadi prioritas, tapi ketika terjadi kondisi gawat darurat yang terjadi pada perusahaan, maka Anda dan keluarga harus memahami bahwa perusahaan saat itu adalah prioritas. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk memberikan pemahaman bagi keluarga sehingga pada saat-saat urgent pada usaha Anda, keluarga Anda dapat memahami dan mendukung Anda
4.Delegasikan pekerjaan
Memprioritaskan keluarga itu artinya Anda tak bisa setiap saat meng-handle bisnis. Oleh karena itu, latihlah orang kepercayaan atau asisten untuk mengerjakan pekerjaan Anda.
5.Jangan terlalu lelah
Penting untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri. Pilihlah satu hari dalam seminggu untuk menyenangkan dan menenangkan diri. Terlalu lelah membuat Anda kesulitan untuk mengurus anak dan bisnis.
Tentunya hidup kita akan terasa bermakna apabila tak hanya bisnis saja yang bisa berjalan dengan baik, tetapi keluarga juga sejahtera lahir dan batin. Kuncinya aturlah waktu Anda dengan sebaik mungkin.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme