Dalam membangun sebuah bisnis, dari skala kecil hingga menengah, perlu dilengkapi dengan pemahaman tahapan-tahapan dalam bisnis, dari awal hingga bisnis tersebut berkembang.

Pakar marketing dari Ednovate Marketing, Hermas Puspito, membagi tahapan tersebut menjadi lima tahap, yaitu sebagai berikut.

TAHAP 1: MENCARI IDE BISNIS

Mencari Ide Bisnis adalah tahap paling awal ketika akan memulai bisnis. Calon pebisnis  mencari berbagai informasi tentang peluang dan ide bisnis. Ide ini bisa datang dari mana pun.

Tips: kita bisa memperoleh ide bisnis dari buku, majalah, internet, seminar, saran pebisnis senior dan juga ketika kita berkunjung ke pusat perbelanjaan/pusat keramaian.


TAHAP 2: MEMULAI BISNIS

Setelah menemukan ide dan peluang bisnis, maka mulailah berbisnis. Ingat, intinya adalah ACTION dahulu, dan jangan takut gagal.

Tips: Pada tahap ini fokuslah untuk sle/menjual, promosi, mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Kumpulkan dan cari database konsumen sebanyak-banyaknya.

TAHAP 3: MENINGKATKAN PROFIT

Pada tahap ini kita fokus untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Setelah banyak konsumen yang datang ke usaha bisnis kita, saatnya kita meningkatkan keuntungan.

Tips:
– Perbesar margin keuntungan
– Buatlah konsumen membeli lebih sering
– Buatlah konsumen membeli lebih banyak


TAHAP 4: MEMBANGUN SISTEM

Pada tahap membangun system, secara bertahap kita mulai membangun sistem bisnis. Kita mulai membuat Standard Operating Procedure (SOP), membuat sistem Proses Order, penjualan, penggajian karyawan, dan membuat tim manajemen.

Tips: Inti dari tahap ini adalah otomatisasi jadi bisnis kita bisa jalan, meski kita tidak di tempat.

TAHAP 5: MENGEMBANGKAN

Tahap ini bisa kita jalankan ketika sistem sudah dibangun dan berjalan. Proses pengembangan bisnis ada berbagai macam antara lain sebagai berikut.
– Membuka cabang
– Membuka sistem kemitraan
– Membuka sistem waralaba
– Mencari ide bisnis baru

Tips: Untuk tahap ini pastikan merk kita sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HKI).

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme