Seorang pengusaha yang sukses pasti memiliki target yang akan menentukan pencapaian bisnis mereka. Mereka adalah orang-orang yang objektif dan memiliki sebuah target yang realistis dalam hidupnya. Mereka mengetahui apa yang mereka inginkan dan berusaha untuk mencapai hal tersebut. Untuk itu, mereka biasanya membuat sebuah target S.M.A.R.T dan berusaha mewujudkannya. S.M.A.R.T adalah Spesific, Measurable, Attainable, Relevant dan Timely.

Spesific – target yang ingin dicapai haruslah spesifik. Tentukan batasan dari target tersebut sehingga target yang akan dipenuhi tidak meluas. Target yang lebih spesifik mempunyai kesempatan untuk dapat dicapai dan diselesaikan jika dibandingkan dengan target yang umum.

Measurable – tidak hanya spesifik, Anda juga harus membuat target tersebut dapat diukur secara logis untuk mengetahui proses dari target tersebut, dan Anda dapat mengetahui kapan target tersebut terpenuhi.

Attainable – dalam membuat target juga harus objektif dan sekiranya dapat dicapai atau diselesaikan. Dengan kata lain target tersebut tetap harus realistic dan Anda tahu bagaimana cara mencapai target tersebut.

Relevant – target yang dibuat juga harus relevan, dalam artian apakah target tersebut penting dan mampu Anda capai serta kesesuaian target dengan diri Anda.

Timely – Anda harus memiliki deadline atau tenggat waktu dari setiap target yang Anda buat. Hal tersebut akan sangat membantu supaya dapat lebih fokus terhadap usaha yang dijalankan sehingga Anda dapat menyelesaikan dan mencapai target sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Supaya mencapai keberhasilan dan kesuksesan, Anda harus dapat membuat target Anda menjadi target yang S.M.A.R.T karena nantinya target ini akan sangat membantu dan memberikan motivasi kepada Anda untuk mencapai setiap target yang telah Anda buat. Hal ini disebabkan karena setiap orang yang ingin sukses harus mempunyai target dalam hidupnya. Jika target Anda adalah sebuah kesuksesan dalam berbisnis, maka ukur kesuksesan tersebut, buat lebih spesifik dan buatlah deadline untuk mencapainya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme