kebutuhan anak balita

Tiga Kebutuhan Dasar Anak, Menemani anak bertumbuh dan berkembang secara optimal akan memberikan kepuasan hasrat tersendiri bagi orangtua. Masa emas anak yang tidak dapat terulang kembali harus dimanfaatkan oleh orang tua untuk sebaik-baik mendidik anak mendapatkan segala kebutuhan dasarnya. Kebutuhan Dasar Anak yang dimaksud adalah:

1. ASUH (Kebutuhan Biomedis)

Dalam kebutuhan ASUH ini, orangtua wajib memberikan kebutuhan pangan, sandang dan papan yang terbaik bagi anak. Kebutuhan ini menjadi cikal bakal dan pondasi bagi anak untuk menjalani masa-masa nya berkembang.

2. ASIH (Kebutuhan emosianal)

Pada tahun-tahun pertama kehidupannya (bahkan sejak dalam kandungan), anak mutlak memerlukan ikatan yang erat, serasi dan selaras dengan ibunya untuk menjamin tumbuh kembang fisik, mental dan psikososial anak dengan cara:
menciptakan rasa aman dan nyaman, anak merasa dilindungi, diperhatikan minat, keinginan, dan pendapatnya diberi contoh (bukan dipaksa), di motivasi sehingga akan menimbulkan rasa percaya diri pada anak.

3. ASAH (kebutuhan akan stimulasi mental dini)

Cikal bakal proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan yang diberikan sedini dan sesuai mungkin.Terutama pada usia 4 – 5 tahun pertama (golden age) sehingga akan terwujud etika, kepribadian yang baik, kecerdasan, kemandirian, keterampilan dan produktivitas yang baik.

Pada zaman sekarang banyak aplikasi yang menarik dan edukatif. Orangtua dapat mengajak anak belajar dengan metode bermain dengan aplikasi tersebut sehingga anak tertarik untuk kegiatan belajar.

Diolah dari berbagai sumber

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme