Sebagai salah satu ciptaan tuhan yang maha indah, rambut juga sebagai salah satu bentuk trend serta mahkota bagi masing=masing individu, berikut ini adalah beberapa tips dan cara agar rambut cepat panjang

1. Berhenti melakukan hal yang tidak perlu

Jika rambut ‘terlalu sibuk’ untuk memperbaiki dirinya dengan cara buatan, maka rambut pun tidak dapat tumbuh alami dengan baik. Cobalah untuk mengurangi blow-drying, meluruskan rambut, atau mengeriting rambut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rambut pecah-pecah, rambut kering, dan kerusakan yang terjadi di akar rambut. Selain itu hindari gaya rambut yang mengharuskan rambut ditarik-tarik.

2. Hindari produk yang mengandung silikon

Penerapan silikon pada rambut akan menimbulkan ilusi rambut halus dan sehat. Padahal sebenarnya silikon yang melapisi batang rambut akan mengganggu kelembapan, bahkan menyumbat folikel. Akibatnya, rambut bisa menjadi ‘kecanduan’ pada silikon, bergantung pada lapisan sintetis, dan akan berhenti memproduksi pelembap alaminya sendiri.

3. Jangan keramas terlalu sering

Semakin sering Anda mencuci rambut Anda, maka kulit kepala akan semakin berminyak. Sampo akan menghasilkan minyak buatan untuk menggantikan minyak alami yang hilang akibat keramas terlalu sering. Siklus ini dapat merusak rambut Anda.

Sebenarnya, satu atau dua kali keramas dalam waktu satu minggu pun ternyata sudah cukup. Bahkan kalau bisa, berhenti menggunakan sampo. Cara terbaik untuk membersihkan rambut adalah dengan keramas dengan menggunakan campuran baking soda dan cuka sari apel.

4. Potong ujung rambut tiap 2-3 bulan

Agar rambut Anda tumbuh dengan baik, potonglah rambut Anda sebanyak 0,5 cm tiap dua atau tiga bulan. Walaupun hal ini akan membuat rambut Anda lebih pendek, tapi bisa menghilangkan ujung rambut yang rusak dan memperbaiki kesehatan dan vitalitas rambut Anda. Semua ahli rambut pun setuju akan hal ini.

5. Konsumsi makanan yang tepat dan minum banyak air

Batang rambut mengandung 80 persen protein. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya protein, disamping mengonsumsi buah dan sayur. Menjaga rambut dengan asupan air yang cukup juga akan membuat rambut rentan terhadap kerusakan. Beberapa vitamin lainnya yang penting untuk rambut adalah biotin, vitamin B, vitamin C, dan asam folat.

6. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala bisa memperlancar sirkulasi ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, pijatan yang dilakukan pada kulit kepala juga dapat memperkuat akar rambut. Lakukan hal ini beberapa menit sebelum Anda tidur.

7. Tambahkan minyak atsiri

Minyak rosemary, lavender, dan ylang-ylang terkenal dapat menstimulasi folikel rambut, membantu pertumbuhan rambut, dan menutrisi kulit kepala. Gunakan beberapa tetes saat memijat kulit kepala.

8. Gunakan kondisioner

Gunakan kondisioner untuk memperbaiki kerusakan dan kekeringan rambut. Kondisioner yang baik tentulah kondisioner yang alami. Ada beberapa campurang yang bisa Anda gunakan, di antaranya kombinasi minyak kelapa dan minyak jarak, minyak zaitun atau minyak anggur yang dipanaskan dalam microwave, campuran lidah buaya dan telur kocok, minyak kelapa dan madu, atau alpukat yang ditumbuk ditambah dengan dua sendok makan madu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme