Tips Mencegah Kantuk di Siang Hari

Apakah Fresher sering merasakan malas atau mengantuk setelah makan siang? Hal tersebut menyebabkan timbulnya rasa ogah-ogahan untuk melanjutkan aktivitas di siang hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa kantuk tersebut. Berikut Mr. Fresh rangkum  Tips Mencegah Kantuk di Siang Hari

1) Kenakan Parfum Lemon
Semprotkan parfum beraroma lemon atau jeruk di siang hari. Peneliti menemukan bahwa orang yang mencium aroma lemon bisa meningkatkan kadar norepinephrine (hormon yang berfungsi untuk membuat kita terjaga, meningkatkan energi dan konsentrasi). Mood pun bisa meningkat saat kita mencium aroma jeruk lemon ini.

2) Dapatkan Sinar Matahari
Menurut Russel J. Reiter, penting sekali bagi orang-orang yang bekerja di dalam ruangan untuk pergi ke luar ruangan secara rutin. “Mendapatkan paparan sinar matahari akan memberikan dampak besar pada ritme melatonin dan bisa meningkatkan suasana hati, energi, dan kualitas tidur”.

3) Lihat Sesuatu yang Berwarna Merah
Menurut para peneliti, warna terang bisa mengaktifkan rasa awas untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan keterjagaan dan energi kita. Hanya saja, jangan sampai berlebihan karena warna merah bisa membuat orang merasa tertekan kalau digunakan berlebihan.

4) Kunyah Permen Karet
Peserta penelitian yang mengunyah permen karet melaporkan bahwa mereka memiliki mood yang lebih baik dan tingkat awas yang lebih tinggi.
Ketika diberi banyak pekerjaan berat dalam lingkungan yang penuh tekanan, orang yang mengunyah permen karet bisa fokus lebih lama dan lebih cekatan dibandingkan orang yang tidak mengunyah permen karet.

5) Jangan sarapan terlalu banyak
Hindari sarapan yang berlebihan karena hal tersebut justru akan membuat kamu mengantuk di sela-sela waktu kerja hingga jam makan siang. Pilihlah menu sarapan yang ringan seperti roti, susu, oatmel, pisang dan sereal.

6) Hindari minum kopi di bawah jam 10 pagi
Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, Pada pagi hari terutama jam 8-9 tubuh sedang memproduksi Hormon Kartisol. Kafein yang terkandung dalam kopi akan meningkatkan produksinya.
Produksi hormon kortisol yang tinggi justru akan menimbulkan rasa cemas dan tidak tenang. Pada akhirnya, tubuh kamu akan merasa sangat lelah karena banyak energi yang terkuras untuk mengatasi rasa cemas yang muncul.

7) Olahraga ringan
Melakukan olahraga ringan di pagi hari akan menyegarkan tubuh kamu dan membuat kamu terhindar dari ngantuk. Jika rasa ngantuk masih muncul saat kamu sedang bekerja, bangunlah dari tempat duduk dan lakukan gerakan-gerakan ringan atau pergi keluar selama beberapa saat untuk menghirup udara segar.

8) Minum banyak air putih
Dengan banyak minum air putih, tubuh dan pikiran kamu pun bisa menjadi lebih segar. Tubuh dan pikiran yang segar akan membantu kamu untuk terhindari dari rasa ngantuk.

9) Mendengarkan musik yang semangat
Saat rasa kantuk mulai datang, dengarkan musik dengan irama yang bersemangat seperti musik rock dan hip hop. Musik yang semangat akan membantu kamu untuk mengusir rasa kantuk dan mengembalikan semangat kerja.

Tips dan Trik yang mudah dilakukan bukan? Yuk kita coba Fresher

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme