Jeans adalah salah satu jenis bahan pakaian yang sering kita gunakan sehari – hari. Tidak hanya model celana saja yang berbahan jeans, tetapi ada juga rok, jaket, dan vest. Sebagian besar bahan jeans memang berwarna biru dan hitam, tapi saat ini, mengikuti perkembangan mode, jeans tidak hanya berwarna biru dan hitam. Tetapi sudah berkembanga dalam berbagai macam warna yang diantaranya adalah abu – abu, hijau, kuning, merah, putih, coklat, dan masih banyak lagi. Untuk jeans yang memiliki warna, perlu perhatian khusus dalam merawatnya karena kalau kita tidak pintar, jeans yang kita miliki akan kehilangan warna cantiknya. Apalagi jika kita mencuci dengan mesin cuci, warna – warna itu akan mudah pudar dan luntur. Maka dari itu, ada tips yang bisa dilakukan dalam proses pencucian supaya warna tidak mudah pudar dan tetap awet. Dengan mengetahui tips perawatannya, kita bisa meminimalisir biaya perawatannya.

Ada 2 bahan dapur yang sangat ampuh dalam membantu merawat jeans kesayangan kita, yaitu cuka dan garam.

Treatment dengan cuka karena cuka adalah bahan yang sangat ampuh untuk memperbaiki dan menjaga warna jeans agar tetap cerah dalam waktu yang lama.

  • Pada bilasan terakhir, tambah 1 cangkir cuka lalu masukkan jeans ke dalamnya. Sangat disarankan untuk menghindari pelembut pakaian karena bahanjeans tidak membutuhkannya.
  • Cara yang kedua adalah, merendam jeans selama semalam dengan air dingin yang dicampur cuka. Rasio campurannya adalah = 2:1. Lalu cuci seperti biasa.

Treatment yang kedua adalah dengan garam karena garam juga termasuk bahan yang ampuh membantu warna jeans agar tidak lekas pudar. Caranya adalah :

  • Campurkan 2 sdm garam dengan 5 liter air dingin
  • Rendam jeans dalam larutan garam selama 1 jam
  • Balik posisi luar dan dalam jeans
  • Lalu cuci jeans seperti biasa, bisa dengan tangan maupun mesin cuci

Selamat mencoba!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme