Mencuci motor trail

Tips Mencuci Motor Trail Terbaru, Motor trail menjadi motor paling dicari bagi kalangan kaum muda ditahun 2017 lalu, terlihat tinggi dan gagah serta kuat melawan medan yang sulit untuk di lalui. Bagi kalian yang memiliki motor trail hendaknya harus mampu merawat mesin, disamping mesin kalian juga harus mampu membersihkan motor kesayangan anda. Motor ini di desain untuk melawan medan yang sulit, jadi wajar apabila motor ini selalu terlihat kotor, apalagi jalan yang di lalui masuk ke dalam ranah jalan off road.

Bagian yang paling susah untuk di bersihkan adalah ban, dengan design bentuk alur ban (kotak) akan menyulitkan pengguna motor tersebut untuk membersihkan nya. Khusus pengguna KLX150, D-Tracker, KLX250S, D-Tracker X, dan KX series wajib baca nih!

  1. Mencuci motor paling efektif dengan menggunakan selang dengan tekanan air yang tinggi, ini akan memudahkan kita sebagai pengguna menjangkau bagian-bagian yang sulit untuk di kerjakan. Namun kalian juga harus memperhatikan beberapa panel motor yang sangat sensitif dengan tekanan air.
  2. Gunakan detergen yang sifatnya menetralisir bukan merusak cat motor, banyak bengkel yang menjual untuk kebutuhan khusus mencuci. gunakan degreaser untuk menghilangkan bekas oli atau grease yang menempel pada motor.
  3. Setelah membersihkan motor menggunakan detergen, bilas kembali motor kesayangan anda dengan air bersih kembali, sikap ini berfungsi untuk menghilangkan detergen yang sudah kita basuhkan tadi. Faktanya bekas detergen dapat merusak motor apalagi bila detergen tersebut mengendap di dalam bagian mesin.
  4. Gunakan kain yang lembut untuk mengeringkan motor. Gampangnya sih pakai kanebo ya… Sembari mengeringkan, nggak ada salahnya kalau sekalian memeriksa apakah ada butiran debu atau goresan di body motor. Selain itu, jangan biarkan air mengering dengan sendirinya terkena udara karena bisa menyebabkan kerusakaan pada permukaan motor yang dilapisi cat.
  5. Hidupkan mesin motor dan biarkan dalam kondisi idle selama beberapa menit. Suhu panas dari mesin dapat membantu mengeringkan banyak area yang sulit dijangkau oleh tangan, terutama di bagian mesin itu sendiri.
  6. Kendarai motor dalam kecepatan rendah, kemudian coba lakukan pengereman beberapa kali. Ini untuk membantu bagian rem agar cepat kering dan kembali pada kondisi operasional yang normal.
  7. Lumasi rantai untuk mencegah karat.

Dari beberapa poin penting di atas dapat kita simpulkan bahwa mencuci motor adalah kewajiban kita sebagai pengguna, mencuci motor tidak dapat di kesampingkan, seperti halnya mengganti oli (rutin), mencuci motor juga merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan pengguna.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme