tips mengatasi pakaian kotor yang menumpuk

Tips dari Simply Fresh, Usaha Laundry dan laundry Kiloan_ Akhir pekan biasanya selalu diakhiri dengan cucian yang menumpuk. Terutama bila Fresher menghabiskannya dengan beraktivitas di luar rumah, apalagi jika ditambah dengan acara menginap di luar kota pula. Sehingga seringkali Fresher baru menyadari bahwa pakaian bersih sudah habis saat membuka lemari pakaian.

Melihat tumpukan pakaian kotor yang menggunung memang menyebalkan. Dilansir dari Rumah.Com, langkah-langkah berikut ini merupakan solusi yang dapat membereskan pakaian kotor yang menumpuk.

1. Kumpulkan Semua Pakaian Kotor

Sebelum memulainya, kumpulkan semua pakaian kotor Fresher dan anggota keluarga dalam satu tempat. Pisahkan pakaian yang berwarna dan pakaian putih serta pakaian dalam. Pastikan tidak ada pakaian kotor yang tertinggal di dalam koper atau keranjang cucian.

Fresher bisa melakukan pencucian yang lebih teratur jika semua baju kotor sudah terkumpul.

Baca : Cara mencuci koper

2. Kelompokkan Pakaian

Setelah itu, pilih kelompok pakaian mana yang akan dicuci untuk pertama kalinya. Fresher tidak perlu memisahkan pakaian berdasarkan kepemilikan karena hal ini dapat dilakukan di saat penyetrikaan. Pilih kelompok pakaian dengan jumlah terbanyak.

Namun meskipun Fresher sedang terburu-buru, pisahkan pakaian yang memerlukan perlakuan khusus ketika dicuci.

3. Buat Target Waktu

Ketika semua pakaian sudah dikelompokkan sesuai dengan tumpukannya, Fresher akan bisa memperkirakan kira-kira kapan semua cucian itu akan selesai. Misal Fresher memiliki 4 tumpukan maka cucian bisa diselesaikan dalam satu hari, jika lebih banyak Fresher harus melakukannya lagi keesokan harinya.

Pertimbangkan juga kegiatan lain karena rasanya tidak mungkin bila satu hari itu Fresher tidak melakukan hal lain selain mencuci baju. Membuat target waktu bukan untuk membuat Fresher lebih stres namun agar bisa fokus kepada tujuan.

4. Antisipasi Bila Ada Tumpukan Baju Kotor Baru

Faktanya, baju kotor akan terus berdatangan setiap harinya. Jadi jika Fresher menargetkan akan mencuci baju kotor setelah liburan selama tiga hari bisa jadi akan lebih lama dari itu karena akan ada tumpukan cucian baru di keesokan harinya.

Salah satu cara agar Fresher tidak mengulang proses dari awal lagi, pisahkan langsung baju kotor yang baru sesuai dengan kelompoknya. Fresher bisa meminta kepada anggota keluarga untuk melakukan hal tersebut ketika menaruh baju kotor masing-masing.

5. Cuci Sesuai Prioritas

Jika Fresher sudah menghitung kira-kira berapa lama akan menyelesaikan semua cucian baju kotor, Fresher bisa membuat prioritas baju mana yang harus dicuci duluan seperti pakaian dalam atau seragam sekolah anak-anak yang akan digunakan dalam waktu dekat.

Termasuk juga handuk, celana jins, kaos kaki, dan lain sebagainya. Membuat prioritas seperti ini untuk mengurangi tingkat stres Fresher saat mencuci baju.

6. Tahap Terakhir : Melipat Baju Bersih

Setelah seluruh rangkaian mengelompokkan, mencuci, dan menjemur baju selesai, tahap terakhir adalah membereskan baju kering dengan cara melipatnya.

Kenapa cara ini patut untuk dilakukan? Karena Fresher tentu tidak ingin melihat tumpukan baru meskipun itu baju bersih. Ajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan hal ini sebelum mulai menyetrikanya.

Demikian tips dari Mr. Fresh untuk Fresher dimanapun berada. Selamat mencoba Fresher 🙂

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme