Tips Menghadapi Bisnis Yang Sepi

Pasang surut dalam dunia bisnis merupakan hal yang biasa. Ada kalanya bisnis mengalami masa di mana mengalami sepi pengunjung dan penurunan order. Jika hal semacam ini terjadi Anda harus segera menanganinya agar tidak menjadi ancaman jangka panjang bagi bisnis Anda. Apalagi mengingat persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat. Berikut beberapa kiat bagi Anda ketika bisnis Anda sepi :

1.       Amati dan evaluasi

Ketika bisnis Anda mulai sepi, amatilah bisnis yang Anda jalankan dan lakukan evaluasi. Apakah memang terdapat aspek yang masih kurang dalam pelaksanaan bisnis Anda. Anda dapat melihat dari segi produk, apakah produk Anda sudah sesuai dan memiliki kualitas yang baik. dari segi pelayanan, apakah sudah memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Dengan demikian bisnis Anda akan semakin bertambah baik dari waktu ke waktu.

2.       Inovasi

Dengan membuat inovasi, misal pengembangan baru atau model baru dari produk Anda, maka konsumen tidak akan bosan dengan produk kita, bahkan kemungkinan konsumen akan menunggu-nunggu produk baru Anda yang selanjutnya. Dengan variasi produk atau model, konsumen akan memiliki banyak alternatif pilihan yang sesuai dengan kebutuhan atau selera mereka.

3.       Promosi

Ketika bisnis Anda mulai sepi, Anda harus mengevaluasi juga, sejauh mana promosi yang saat ini dilakukan. Anda dapat memaksimalkan lagi promosi, baik melalui media online maupun offline. Saat ini banyak sekali alternatif sarana promosi yang cenderung terjangkau. Bahkan dengan memanfaatkan social media saja Anda bisa memaksimalkan promosi bisnis Anda

4.       Memberikan reward kepada customer

Tidak ada salahnya Anda memberikan reward kepada konsumen, agar konsumen merasa senang dan dihargai. Dengan demikian, konsumen tidak akan ragu untuk order kembali produk Anda. Reward ini tidak harus berupa hal yang besar, Anda dapat memberikan voucher atau merchandise. Atau dapat juga Anda membuat suatu event untuk menarik atensi konsumen.

5.       Optimis dan pantang menyerah

Hampir semua bisnis yang ada mengalami masa pasang surut dan hampir tidak ada bisnis yang stabil dalam hal omsetnya. Pasti ada masanya mengalami kenaikan atau penurunan omset. Oleh karenanya, ketika bisnis Anda sedang berada di bawah Anda harus sabar dan benar – benar telaten dalam mengurus dan membesarkan bisnis Anda. Bersabarlah untuk bisa mendapatkan untuk yang lebih dan selalu optimis bahwa bisnis anda akan maju dan berkembang.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme