Tips Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

 

Trust (kepercayaan) konsumen, menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Dengan adanya rasa percaya yang diberikan konsumen kepada Anda, maka konsumen tersebut akan menjadi konsumen loyal dan menjadi pelanggan tetap kita. Keuntungan lainnya adalah seorang konsumen yang loyal pasti tidak akan ragu untuk merekomendasikan produk kita kepada orang lain. Hal ini juga menjadi salah satu promosi yang paling efektif dimana word of mouth (promosi dari mulut ke mulut) dari konsumen yang puas terhadap produk kita akan lebih banyak menarik calon konsumen dan tidak mengeluarkan biaya. Berikut ini akan dibahas beberapa cara untuk meraih kepercayaan konsumen:

1. Pastikan produk Anda berkualitas

Salah satu faktor utama untuk meraih kepercayaan konsumen adalah produk yang berkualitas. Jangan menjadikan konsumen Anda kecewa karena produk yang Anda jual berkualitas rendah. Dan jangan pernah membohongi konsumen Anda dalam hal kualitas. Ketika konsumen Anda menjumpai produk yang Anda jual berkualitas rendah, maka akan memunculkan kekecewaan pada konsumen dan konsumen tidak akan membeli lagi produk Anda. Jika Anda telah memiliki produk yang berkualitas, tugas Anda akan menjadi sedikit lebih ringan. Anda hanya cukup meyakinkan mereka, dan kualitas produk yang nantinya akan berbicara

2. Berikan bukti nyata

Kata-kata iklan yang disertai oleh bukti nyata tentang manfaat produk yang Anda jual pastinya akan lebih meyakinkan calon konsumen, jika dibandingkan dengan kata-kata promosi saja. Anda dapat menyertakan testimoni dari konsumen yang telah membeli dan membuktikan kualitas dari produk yang Anda jual. Dengan demikian calon konsumen akan lebih tertarik untuk ikut menggunakan produk yang Anda jual

3. Tunjukkan kredibilitas anda

Secara umum, kredibilitas dapat diartikan sebagai kualitas diri untuk dapat dipercaya. Tunjukanlah sikap yang memang menunjukan Anda pantas mendapatkan kepercayaan dari konsumen Anda. Mulai dari cara Anda memperlakukan mereka, misal dengan  memberikan pelayanan yang ramah dan melakukan pengiriman barang tepat waktu. Kuasailah pengetahuan mengenai produk Anda dengan baik, dan gunakan pengetahuan tersebut untuk membantu konsumen Anda dalam memecahkan masalah mereka. Rekomendasikan produk Anda untuk membantu mereka secara tulus.

4. Membangun komunikasi yang baik

Sebagai penjual Anda juga wajib membangun komunikasi yang baik dengan semua konsumen Anda. Berikan penjelasan seputar produk yang Anda jual selengkapnya. Dan jangan pernah mengacuhkan komplain atau keluhan dari konsumen, karena keluhan konsumen dapat menjadi bahan evaluasi bagi kita.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme