Cuaca yang tidak bersahabat seperti sekarang ini tentunya membuat kondisi badan juga mudah sakit. Banyak cara yang dilakukan, mulai dari minum vitamin C hingga menggunakan sweater kesayangan untuk melindungi tubuh. Bagi para pecinta fashion, sweater tentunya menjadi andalan untuk tetap tampil stylish di kantor. Namun ternyata perawatannya tidaklah mudah. Bahan wol yang menjadi material sweater membuatnya mudah menyusut dan memudar. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati dalam merawat sweater. Berikut tips mudah untuk menjaga agar sweater Anda tetap awet dan tetap terlihat seperti baru.

1. Lipatlah sweater kesayangan Anda

Melipat sweater kesayangan sangat perlu dilakukan. Jika Anda menggantung sweater Anda, maka bentuk sweater akan berubah pada bagian lengan, pundak, dan lehernya. Sweater yang rtelah dilipat sebaiknya juga simpan di dalam kotak kayu, kanvas, atau kemasan karton, sehingga memiliki akses ke udara, tetapi terhindar dari ngengat. Dengan cara ini Anda akan dapat menjaga bentuk dan baunya yang segar setelah mencucinya.

2. Bersihkan benang sweater yang berhamburan

Sweater yang sering dipakai biasanya akan tmembuat benang-benangnya terlepas dan membuat seperti bola-bola kecil yang menempel. Hal ini akan membuat sweater Anda menjadi terlihat kusam dan tampak lama. Tetapi tidak perlu khawatir karena hal tersebut bisa dihilangkan. Anda bisa menghilangkan bola kecil tersebut dengan menggunakan tangan atau sikat pakaian. Anda juga bisa menggunakan sisir atau sikat rambut. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan vacuum benang.

3. Gunakan kemper atau penghilang bau

Sweater mudah sekali lembab, untuk menghilangkan bau yang kurang sedap tersebut Anda dapat menggunakan kamper atau penghilang bau apek. Hal ini perlu Anda lakukan rutin agar mencegah ngengat datang karena gengat suka memakan wol yang merupakan bahan utama kebanyakan sweater.

4. Jangan tunggu sampai rusak

Segera perbaiki sweater Anda jika ada sedikit kerusakan. Misalnya segera perbaiki jika ada kancing yang longgar atau robekan kecil pada sweater. Karena sekali robek maka sweater Anda beresiko untuk mengalami robekan yang lebih besar atau bahkan terurai. Jika sweater Anda terdapat benang tambahan, segera lakukan perbaikan secepat mungkin bahkan pada lubang atau robekan yang kecil.

5. Jangan sering cuci sweater

Mungkin terdengar jorok, namun perawatan sweater memang mirip dengan jeans. Anda tidak perlu mencuci sweater setiap kali ingin dipakai. Hindari mencuci langsung sweater di mesin karena hanya akan merusak dan membuat sweater menyusut. Sebaiknya cuci sweater dengan tangan atau menyerahkan pada jasa dry clean di laundry. Gunakan air dingin untuk mencuci sweater, air hangat atau air panas beresiko tinggi pada penyusutan sweater. Tambahkan deterjen dengan formula khusus untuk bahan kain yang halus, dan rendam sweater. Gosok sweater dengan lembut jika Anda ingin menghilangkan noda. Setelah itu hamparkan sweater di atas handuk dan ubah-ubah posisinya agar kering secara merata. Jangan gantung sweater di hanger untuk proses pengeringan, hal itu juga akan mengubah bentuk sweater.

6. Jangan gunakan langsung

Saat memakai sweater, sebaiknya jangan gunakan sweater sebagai pakaian utama, tetapi kenakan kaos atau kemeja yang berbahan katun terlebih dahulu baru sweaternya. Hal ini berguna untuk mencegah minyak alami tubuh Anda tidak bersentuhan langsung dengan bahan sweater.

Itu tadi tips merawat sweater kesayangan Anda. Siapa bilang merawat sweater itu sulit. Kalau Anda tahu caranya pasti akan lebih mudah dan Anda juga akan semakin terlihat lebih stylish ^o^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme