Tips Sukses Dalam Entrepreneurial Leadership

Tips Sukses Dalam Entrepreneurial Leadership

Tips Sukses Dalam Entrepreneurial Leadership

Terdapat banyak merek-merek waralaba lokal yang awalnya bahkan hanya sebuah merek UKM, kini dapat menjadi rising star serta mampu menembus dunia global dengan melakukan ekspansi ke berbagai wilayah. Prestasi yang luar biasa tersebut dapat memberi kita pelajaran akan pentingnya sebuah jiwa kepemimpinan di dalam membangun usaha bisnis waralaba / franchise.

Franchishor Leadership atau bisa juga disebut Enterpreneurial Leadership memang sangat dibutuhkan, karena hanya memiliki modal yang besar, konsep yang matang, dan ide bisnis yang brilian saja tidak cukup untuk dapat menciptakan sebuah industri franchise yang dapat diterima bagi sebagian kalangan luas, serta mampu bersaing tidak hanya dengan para kompetitor, akan tetapi juga dengan lingkungan bisnis secara global.

Untuk membangun jiwa Entrepreneurial Leadership itu sendiri, memang tidak ada sekolah khusus untuk mempelajari hal tersebut, tapi bukan berarti Entrepreneurial Leadership tidak bisa anda pelajari dan diterapkan dalam bisnis yang sedang anda rintis. Sebab, meski dari sekian banyak para pengusaha waralaba / franchise yang sukses di bidang masing-masing memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, namun memiliki satu kesamaan yang bisa kita tarik menjadi benang merah pada diri mereka, untuk kita jadikan sebagai pelajaran dalam merintis sebuah usaha atau bisnis franchise.

Belajar Entreprenerial Leadership dari para franchisor sukses itulah kita akan menemukan beberapa catatan penting, yang dapat dicontoh dan diaplikasikan pada diri kita dan pada bisnis yang kita rintis. Berikut beberapa tips sukses dalam entrepreneurial leadership yang sudah Mr. Fresh rangkum :

1. Visi dan Misi yang Jelas
Visi dan misi yang jelas sangat penting dalam membangun sebuah bisnis diilustrasikan seperti sebuah peta yang menjadi arah dari pergerakan bisnis yang akan memandu pelaku bisnis untuk menentukan arah dan tujuan yang tepat dalam menentukan berbagai kebijakan yang akan dibuat, termasuk juga dalam membaca perkembangan pasar. Selain itu keberadaan visi dan misi juga dapat menjadi bahan bakar dalam menginspirasi pelaku bisnis untuk terus bergerak dalam berbagai situasi dan kondisi, sehingga bisnis yang dikembangkannya tidak hanya sekedar bergerak mengikuti arus yang dimainkan oleh pasar, akan tetapi terus bergerak melawan arus tersebut, bahkan mampu membuat arus tersendiri untuk kesuksesan bisnis anda.

2. Kemampuan Memanajemen Organisasi
Sebuah bisnis utamanya franchise sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah organisasi, yang di dalamnya terbagi menjadi berbagai macam bidang, yang di dalam dunia bisnis lebih sering dikenal sebagai unit usaha. Seorang franchisor jika ingin sukses di bidang usaha yang ditekuninya, harus memiliki kemampuan di dalam memanajemen organisasi bisnisnya. Artinya, meski di dalam pelaksanaannya seorang franchisor hanya bertindak selaku manager yang hanya memanajemen setiap unit usaha yang ada, namun dia juga harus menguasai bidang kerja dari setiap unit usaha yang dimiliki. Sehingga tatkala harus melakukan supervisi, penilaian yang dilakukan tidak hanya sekedar mengandalkan laporan tertulis yang disampaikan oleh setiap unit usaha, akan tetapi juga mengevaluasi secara menyeluruh kinerja dari setiap unit usaha tersebut.

Artikel lain: Peluang Usaha Franchise Laundry Simply Fresh

3. Strategi Bisnis
Keberhasilan hanya dapat diperoleh melalui taktik dan strategi yang brilian, begitu juga halnya dengan bisnis franchise. Sebuah franchise tidak mungkin akan dapat eksis dalam menghadapi persaingan pasar, jika di dalam pengelolaannya tidak disertai dengan berbagai strategi untuk menundukkan pasar, apalagi para kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama terus bermunculan dan masing-masing memiliki ambisi untuk dapat menundukkan pasar dan memperoleh banyak keberhasilan dari strategi bisnis yang dirancang.

4. Mampu Membaca Perubahan
Kemampuan dalam membaca perubahan juga wajib dimiliki oleh seorang Franchisor Leadership, karena pada dasarnya dunia bisnis dari waktu ke waktu senantiasa akan mengalami perubahan, baik perubahan dari kondisi sosial-ekonomi masyarakat, maupun perubahan yang dapat terjadi pada lingkungan bisnis itu sendiri. Kecepatan dan ketepatan dalam membaca perubahan sangat diperlukan supaya bisnis yang dijalankan dapat secepatnya beradaptasi sehingga dapat lebih cepat dalam memenuhi keinginan pasar dan dapat bersaing dengan dunia global.

Itulah beberapa catatan yang menyertai kesuksesan para Franchisor Leadership yang bisa kita jadikan inspirasi untuk mengembangkan usaha franchise yang saat ini tengah kita tekuni.

Baca Juga : Pentingnya Analisis SWOT Dalam Berbisnis

Nah Sobat Fresher, Itulah beberapa catatan yang menyertai kesuksesan para Franchisor Leadership yang bisa kita jadikan inspirasi untuk mengembangkan peluang usaha franchise yang berkembang saat ini. Bila anda ingin memulai peluang usaha laundry atau bisnis waralaba laundry, segera bergabung dengan Simply Fresh Laundry Pelopor Usaha Laundry Kiloan Pertama dan Terbesar di Indonesia yang sudah teruji di 101 kota di Seluruh Indonesia. Bagaimana menurut Fresher? Yuk kita berdiskusi di kolom komentar! Fresher juga bisa mendapatkan informasi bisnis kreatif melalui Facebook atau Twitter dan Instagram Official Simply Fresh Laundry.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme