Berkembangnya peluang bisnis franchise di Indonesia menjadikan franchise salah satu pilihan bagi pengusaha untuk berinvestasi. Berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh bisnis franchise menjadikan bisnis ini dinilai dapat membawa kesuksesan bagi yang menjalankannya. Namun bukan berarti ketika kita memilih untuk menjalankan bisnis franchise, kesuksesan akan datang begitu saja dengan sendirinya. Perlu usaha dan peran aktif dari franchisee dalam menjalankan sistem yang telah ditentukan oleh franchisor untuk menunjang keberhasilan dari bisnis franchise yang dijalankan. Berikut beberapa tips agar kita sukses dalam menjalankan bisnis franchise :

1. Persiapan mental dan mindset entrepreneur  

Mental dan mindset entrepreneur sangat penting dimiliki sebelum kita memulai bisnis franchise. Hal ini sangat penting dalam menjalankan bisnis sehari-hari, sehingga kita siap untuk mengatasi kendala dan hambatan dalam usaha. Dengan memiliki mental dan mindset entrepreneur maka kita akan selalu berusaha semaksimal mungkin dalam menekuni usaha kita, berperan aktif dalam menjalankan bisnis franchise yang kita pilih dan tidak mudah putus asa ketika menjumpai hambatan dalam bisnis yang kita jalani.

2. Kerja keras dalam menjalankan bisnis franchise

Dalam menjalankan usaha franchise kita, bukan berarti kita hanya menginvestasikan uang kita dalam usaha franchise tersebut dan tinggal berpangku tangan menunggu keuntungan datang. Dibutuhkan kerja keras dari franchisee dalam menjalankan bisnis franchise secara sungguh-sungguh sesuai dengan sistem yang dberikan oleh franchisor. Jangan sungkan untuk meminta bantuan dan belajar kepada pihak franchisor.

3. Perhatikan kualitas dan mutu produk

Sebagai franchisee kita juga berkewajiban untuk menjaga kualitas produk dan layanan sesuai dengan standar yang ditentukan oleh franchisor. Standarisasi yang ditentukan oleh franchisor pastinya telah teruji, sehingga dengan menjalankan standar tersebut maka bisnis franchise yang kita jalankan akan dapat berjalan dengan baik dan akan mencapai target sesuai yang diharapkan.

4. Kreatifitas, inovasi dan promosi franchise

Persaingan dalam bisnis merupakan satu hal yang tidak dapat dihindari. Sehingga untuk menyiasatinya, diperlukan adanya inovasi dan kreatifitas dalam menjalankan bisnis kita. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan promo, sehingga pelanggan tertarik. Franchisor yang baik biasanya juga memberikan bimbingan kepada franchisee mengenai strategi-strategi dalam berpromosi.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

1 Comment

Leave a Reply

WordPress Theme