Fresher suka kegiatan bersepeda? Di Indonesia mungkin kita harus memilih tempat-tempat tertentu agar dapat bersepeda dengan santai dan nyaman. Tetapi yuk coba kita tengok beberapa kota di Eropa berikut. Menurut situs pegipegi.com kota-kota berikut dipilih oleh CNN sebagai kota yang paling nyaman untuk bersepeda.

1. Utrecht, Belanda
Hampir 50% dari alat transportasi yang digunakan di Utrecht adalah sepeda, dengan lebih dari 12.500 lahan parkir sepeda, menjadikannya yang terbesar di dunia. Bersepeda di Utrecht sangat umum, dan penggunanya pun diperlakukan sama dengan pejalan kaki, lengkap dengan jalur khusus agar keamanan dan kenyamanan terjaga.

sevilla-300x225

2. Sevilla, Spanyol
Pada 2006, pemerintah kota Sevilla menghimbau masyarakatnya untuk mulai menggunakan sepeda sebagai alat transportasi alternatif utama.
Bukan tanpa alasan kuat, karena Sevilla sudah mencapai puncak kemacetan tertinggi. Dalam satu hari, ibukota Andalusia ini mengalami 4 periode jam macet.
Penolakan dari masyarakat diterima oleh pemerintah. Tetapi pemerintah tidak gentar dan membangun jalur sepeda sepanjang 50 mil dalam satu tahun juga mendirikan penyewaan sepeda berlangganan bernama Sevici.
Usaha tersebut ternyata tidak sia-sia. Kini jalur khusus sepeda di Sevilla telah mencapai 80 mil, dan dalam 6 tahun, tingkat penggunaan sepeda sebagai transportasi meningkat dari di bawah 0.5% menjadi 7%.

copenhagen-300x199

3. Kopenhagen, Denmark
Lebih dari separuh penduduk ibukota Denmark ini sehari-harinya mengayuh ke seluruh penjuru kota. Dengan jumlah sepeda yang mencapai 650.000, populasi sepeda melebihi manusia di Kopenhagen.
Lalu lintas Kopenhagen yang cukup lancar dan tata kota yang sederhana membuatnya cocok untuk bersepeda. Wisatawan pun dapat menyewa sepeda dan berkeliling tanpa harus khawatir terganggu kendaraan lain.
Denmark juga memiliki Kedutaan Bersepeda Denmark resmi yang rutin menghimbau pengembangan infrastuktur sepeda. Kampanye fasilitas dan jalur bersepeda yang aman kerap disebarkan ke seluruh dunia.

berlin-300x178

4. Berlin, Jerman
Untuk kota yang mengalami musim dingin panjang, dan tradisi memproduksi mobil mewah dan canggih, Berlin punya statistik yang impresif. Sekitar 13% dari kendaraan yang lalu lalang di dalam kota adalah sepeda. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir. Sementara di wilayah luar kota, pengguna sepeda sekitar 20%.
Berlin sendiri memiliki tata kota yang menguntungkan pengendara sepeda. Jalanan umumnya sangat luas, dan datarannya rata. Bahkan apartemen2 di Berlin dibangun dekat dengan lapangan luas, sehingga penyimpanan sepeda bisa dikatakan aman.

portland-300x201

5. Portland, Oregon
Portland memiliki lebih dari 65 mil jalur sepeda, 30 mil jalan boulevard bebas macet, dan 175 mil jalan utama khusus sepeda. Semuanya dinikmati oleh 8% jumlah penduduk yang menggunakan sepeda sebagai transportasi utama, dan 10% sebagai transportasi sekunder.
Portland bahkan memiliki program Bicycle Plan 2030, yang memiliki tujuan memperbanyak jaringan pengguna sepeda, mengurangi batas kecepatan kendaraan di sejumlah jalan, dan menambah lahan parkir sepeda.

Yuk kita gowes Fresher ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme