Makanan pembuat bahagia
Fresher sedang tidak bahagia? sepertinya Anda perlu tahu jenis makanan penambah semangat berikut ini

Siapa sih yang tidak suka berbahagia? Tetapi yang namanya kehidupan itu tentu ada pasang surutnya.
Kadang kita menemui banyak hal yang membuat perasaan bahagia tetapi terkadang juga ada perasaan lelah, tertekan, atau menumpuknya masalah yang menyebabkan kita menjadi tidak bahagia. Tapi Fresher tahu kan ada banyak cara untuk menumbuhkan perasaan bahagia, salah satunya bisa di dapat dari makanan yang kita konsumsi lho.

Nah, kali ini Mr.Fresh merangkumkan beberapa informasi mengenai makanan yang bisa sedikit membuat Fresher bahagia, apa sajakah itu? Yuk cek artikel berikut ini:

1. Coklat Hitam
Yak! Sepertinya coklat adalah makanan yang menjadi andalan para wanita saat sedang menghadapi masalah atau kegalauan hati. Mereka percaya bahwa mengkonsumsi coklat bisa mengurangi beban yang sedang dihadapi. Nah, sepertinya hal tersebut ada benarnya Fresher! Sebuah studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa makan sekitar 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi tingkat hormon stres pada orang-orang yang sedang merasa tertekan.

Kecenderungan orang tertekan akan mempunyai tekanan darah yang agak tinggi. Nah, coklat hitam mengandung antioksidan yang dapat melonggarkan dinding pembuluh darah. Hal tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Disebutkan juga cokelat hitam juga mengandung magnesium, mineral yang pernah dibuktikan mampu membantu meringankan gejala PMS pada wanita seperti kelelahan, depresi, dan mudah tersinggung. Selain itu dark chocolate juga mengandung peniletilamin, alias ‘obat asmara’, karena menimbulkan euforia perasaan bahagia seperti saat sedang jatuh cinta.

2. Es Krim dan Susu
Mengkonsumsi es krim yang dingin, lembut dan manis pasti membuat siapa saja senang. Selain itu kandungan susu dalam es krim juga sangat bermanfaat bagi tubuh.
Kandungan fosfor pada susu penting untuk memperkuat tulang dan menghasilkan energi, yang pada akhirnya menimbulkan efek bahagia pada diri kita. Selain itu, susu hangat di malam hari dapat membantu menenangkan Anda sehingga memudahkan untuk tidur.

3. Kopi 
Kalau Anda pecinta kopi maka Anda patut berbahagia. Disebutkan menyeruput kopi bisa meningkatkan mood dan suasana hati menjadi lebih baik dan juga meningkatkan energi. Kopi adalah eliksir kesehatan yang paling ampuh. Disebutkan bahwa hanya dalam 30 menit minuman ini akan bereaksi pada sistem saraf dan menghasilkan hormon yang membuat otak terjaga dan meningkatkan konsentrasi. 

Sebuah studi yang pernah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine mengungkapkan, wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari, 15 persen lebih rendah akan mengalami depresi selama rentang 10 tahun dibanding yang tidak minum kopi.

4. Makanan ber-Omega 3
Omega 3 terbukti dapat mencegah penyakit jantung, depresi, kanker, asma, ADHD, rematoid artritis, penyakit Alzheimer dan kepikunan.

Asam lemak omega 3 bisa didapatkan dari ikan salmon, tuna, ikan kod, ikan pecak dan udang.

Sedangkan sayur yang mengandung asam lemak omega 3 adalah kedelai dan kubis.

5. Kacang-kacangan
Kenari adalah salah satu jenis makanan pembuat bahagia yang mengandung asam lemak omega 3. Sedangkan almon mengandung serat dan merupakan sumber energi yang sempurna.

6. Teh hijau
Jangan ragukan manfaat teh hijau. Selain disebut bermanfaat dalam program diet, faktanya, teh hijau mengandung L-teanin, suatu asam amino yang bermanfaat untuk memperbaiki mood seseorang. Sebuah penelitian di Jepang yang melibatkan lebih dari 40.000 orang, menemukan bahwa orang yang minum lima cangkir atau lebih teh hijau per hari memiliki tingkat stres 20 persen lebih rendah daripada yang tidak.

7. Makanan kaya probiotik
Probiotik adalah bakteri yang baik bagi usus. Jenis dan jumlah bakteri dalam saluran pencernaan diduga memengaruhi bagian otak yang memunculkan rasa bahagia dan mengurangi rasa sedih. Sebuah studi di Belanda menunjukkan, sebanyak 20 responden yang diberi suplemen probiotik memiliki suasana hati yang baik.

Studi ini juga pernah dilakukan di McMaster University,  Ontario pada seekor tikus. Penelitian menunjukkan, tikus yang agresif menjadi tenang ketika para ilmuwan mengubah mikroba usus mereka. Beberapa makanan yang kaya probiotik, yaitu yogurt dan kimchi.

8. Buah-buahan dan sayuran
Selain menyehatkan, buah-buahan dan sayuran ternyata bisa membuat suasana hati lebih baik. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Health Psychology pada sekitar 300 orang dewasa, menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran membuat mereka lebih berenergi, lebih tenang, dan merasa bahagia.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Social Indicators Research, menemukan bahwa konsumsi sayuran serta buah dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

Sayuran seperti bayam sangat baik untuk kesehatan Anda, khususnya bagi para calon ibu. Selain mengandung asam folat, Vitamin A dan C, bayam juga mengandung magnesium untuk meringankan hati mereka yang sedang galau.

Buah seperti pisang merupakan sumber terbaik untuk potasium, yang berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Pisang mengandung triptopan, yang juga terdapat dalam coklat murni. Triptopan adalah salah satu jenis asam amino yang diubah menjadi serotonin, suatu neurotransmiter yang dapat mencerahkan suasana hati Anda.

Buah jeruk juga sangat bermanfaat. Semua tahu bahwa jeruk mengandung vitamin C dosis tinggi, yang bukan hanya meningkatkan energi dan kekebalan tubuh, namun juga kadar endorfin.

9. Jamur
Makan jamur yang kaya antioksidan juga dipercaya dapat menurunkan risiko depresi, perasaan cemas, dan kelelahan. Selain itu, jamur juga merupakan sumber vitamin D.

10. Cabai
Jika Anda suka dengan makanan pedas, maka kebiasaan itu bisa bantu Anda untuk selalu gembira. Cabai bisa meningkatkan endorfin, zat yang membuat orang gembira dan semangat.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bisa menambah semangat Anda dan menumbuhkan perasaan bahagia. Apakah ada yang menjadi makanan favorit Anda Fresher?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme