10 Menu Pilihan Untuk Sarapan Sehat

Sarapan merupakan salah satu hal terpenting untuk memulai berbagai aktivitas. Ini dikarenakan, tubuh membutuhkan pasokan energi dari berbagai nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam menu sarapan pagi anda.

Tetapi tahukah Fresher bahwa tidak semua menu baik dimakan saat sarapan. Ternyata tidak baik memakan karbohidrat simple untuk sarapan (cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi). Karbohidrat simple dapat menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab Diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Memilih jenis makanan yang tepat untuk menu sarapan pagi merupakan suatu hal yang teramat penting. Berikut ini 10 makanan terbaik untuk menu sarapan pagi anda :
1. Buah Pisang. Buah ini ternyata sangat dianjurkan untuk dijadikan menu sarapan pagi anda. Pisang mengandung karbohidrat yang cukup yang membuat perut dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Pisang juga mengandung potassium yang berperan menurunkan tekanan darah secara alami. Buah pisang kaya akan serat, vitamin D, dan kalium. Kombinasi ini mampu mengontrol tekanan darah dan memangkas nafsu makan Anda yang berlebihan.

2. Telur. Merupakan salah satu makanan yang kaya protein serta mengandung vitamin D. Telur mengandung 13 nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur dapat memberikan Anda rasa kenyang yang lebih lama dan juga baik untuk pembentukan otot.

3. Yogurt adalah sumber protein yang baik. Selain itu yogurt juga mengandung kalsium dengan jumlah yang tinggi. Untuk menu sarapan, Anda dapat mencampur yogurt dengan berbagai macam buah-buahan segar.

4. Buah Beri. Hampir semua jenis Beri mengandung zat anti oksidan, vitamin C, dan serat namun sangat sedikit akan jumlah kalori. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah beri juga memerangi penurunan neurologis yang berhubungan dengan penuaan dini.

5. Secangkir Kopi tanpa gula. Minum kopi dalam jumlah yang wajar ternyata dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes serta kanker prostat. Ini dikarenakan, kopi mengandung kafein serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal penyakit tersebut. Selain mengandung kafein di dalamnya, kopi juga mengandung zat anti oksidan. Zat ini mempunyai manfaat besar untuk kesehatan jantung dan juga mencegah berbagai jenis kanker serta melindungi tubuh Anda dari diabetes tipe 2.

6. Secangkir Teh Hangat. Jika anda tidak suka minum kopi, maka teh juga bisa dijadikan alternatif terbaik untuk minuman di pagi hari. Ini dikarenakan, teh mengandung zat anti oksidan yang disebut dengan flavonoid. Zat ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga merupakan zat anti inflamasi yang kuat. Teh juga mengandung senyawa yang disebut dengan theanine yang mampu membuat Anda selalu fokus.

7. Buah Melon. Kandungan air yang melimpah dalam melon mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dipagi hari. Selain itu, melon juga mengaudung vitamin A dan C untuk menutrisi tubuh anda.

8. Buah Jeruk Adalah sumber vitamin C dan kalium yang baik untuk tubuh. Jeruk juga kaya akan serat yang mampu menyehatkan pencernaan dan mempercepat penurunan berat badan.

9. Buah Semangka. Dengan kandungan air yang melimpah semangka sangat cocok dikonsumsi dipagi hari yang dapat menckupi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Disamping itu, buah semangka kaya akan kandungan likopen. Likopen ini mampu menyehatkan organ mata dan jantung serta menangkal penyakit kanker.

10. Oatmeal dikenal sebagai salah satu menu sarapan sehat sebab menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan jantung, kaya akan serat, serta dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

 

Bagaimana? adakah menu diatas merupakan menu favorite Fresher saat sarapan?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme