teliti sebelum berinvestasi

Saat ini banyak orang menilai Investasi merupakan jalan tepat dan cepat bagi seseorang untuk mendapatkan uang lebih tanpa harus bekerja keras. Tak heran, bila ada seseorang atau perusahaan menawarkan satu paket investasi dengan imbal hasil menggiurkan sontak saja akan diburu banyak orang. Apakah benar Investasi akan memberikan imbalan secara instan? Untuk itu mari kita pahami dari hal yang paling dasar mengenai pengertian atau definisi investasi.

Pengertian investasi secara sederhana adalah menempatkan harta dalam bentuk uang atau dana dan dengan harapan mendapatkan keuntungan dari dana atau uang tersebut. Berdasarkan teori ekonomi, pengertian investasi adalah pembelian (berarti termasuk produksi) dari modal barang-barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang.

Investasi merupakan suatu kegiatan penempatan dana pada aset produktif dengan harapan mendapatkan pertumbuhan modal dalam jangka waktu tertentu. Pada dasarnya investasi secara konvensional dapat diartikan sebagai suatu kegiatan bisnis yang pasif. Dari pengertian sederhana tersebut kita pahami bahwa dalam dunia investasi ini ada pihak yang melakukan investasi dan ada pihak yang mengelola dana investasi.

Para pengelola dana dari investor ini dapat mengelola dana investasi kedalam banyak model dan cara. Maka sebelum berinvestasi ada baiknya teliti terlebih dahulu kepada siapa kita menanamkan dana untuk diinvestasikan?, bagaimana cara mereka mengelola dana kita?, apakah perusahaan memiliki legalitas? dan apa resiko yang akan kita terima? serta banyak pertanyaan pertanyaan kritis lainnya. Jangan semata-mata hanya tergiru dengan tawaran keuntungan nya saja.

Bagaimana jika ada tawaran investasi yang memberikan keuntungan secara instan dan pasti untung? Dalam suatu kegiatan ekonomi sudah pasti memerlukan waktu yang tidak singkat. Semuanya berjalan tidak instan dan butuh proses yang panjang. Kemudian dalam dunia ekonomi itu tidak ada yang menjamin pasti untung, sebab dinamika dunia ekonomi itu ada dua yakni untung dan rugi.

Jadi kita patut teliti dan waspada jika kita mendapat tawaran investasi yang menawarkan keuntungan cepat dan pasti untung. Mengapa? karena hal ini bertentangan dengan garis hukum alam dan hukum ekonomi. Untuk mencapai hasil investasi yang sempurna dibutuhkan proses yang berjalan sesuai garis hukum alam dan hukum ekonomi. Maka yang bisa kita lakukan sebagai calon investor atau seorang investor adalah meminimalisir resiko kerugian serta memaksimalkan perolehan laba.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme