Kebiasaan Buruk Pekerja Kantoran

Seperti dikutip dari health.detik.com, berbagai penelitian membuktikan, para pekerja kantoran cenderung kurang gerak. Karena terlalu sibuk, pola makan pun tidak diperhatikan. Pilihan makannya asal-asalan, dan alhasil asupan nutrisi tidak seimbang lalu mengalami kegemukan.

“Kita semua tahu, gaya hidup sedentary (kurang gerak) itu tidak baik. Hanya saja kita tidak menyadari seberapa buruk dampaknya bagi kesehatan,” kata Gavin Bradley, seorang penggagas kampanye hidup sehat Get Britain Standing. Beberapa kebiasaan buruk ini banyak dilakukan oleh para pekerja kantoran. Banyak pula yang tahu bahayanya, tetapi sulit meninggalkannya dengan alasan terlalu sibuk. Mau tahu apa saja Fresher? berikut daftarnya:

1. Makan di meja
Survei di Inggis menunjukkan bahwa 50 persen pekerja kantoran tidak beranjak dari meja kerja pada saat makan siang. Penelitian lain membuktikan, makan di meja kerja bisa mendorong seseorang untuk makan berlebihan dan tidak sehat. Salah satunya karena tidak fokus pada apa yang sedang disantapnya.

2. Menunda ‘hasrat’ ke belakang
Saking sibuknya pula, 30 persen pekerja kantoran di Inggris menunda kebutuhan untuk buang air kecil maupun besar hanya karena sedang ‘tanggung’ menyelesaikan pekerjaan. Jangan dibiasakan, hal ini bisa memicu infeksi saluran kemih baik pada perempuan maupun laki-laki.

3. Jarang bergerak
Aktivitas fisik tidak selalu harus benar-benar berwujud olahraga, jalan kaki 30 menis sehari pun cukup untuk menjaga kebugaran. Sayangnya menurut survei di Inggris, 40 persen pekerja kantoran berjalan kaki kurang dari 30 menit sehari. Bahkan saking sibuknya, 38 persen merasa harus berkirim email ke rekan sekantor yang duduknya mungkin cuma di ruang sebelah.

4. Tidak peduli bahayanya
Para pekerja kantoran bukan tidak tahu tentang dampak dari kebiasaan buruknya. Sekitar 3 dari 4 pekerja kantoran yang disurvei merasa terlalu banyak duduk, tapi 2 dari 3 orang tidak merasa khawatir terhadap dampaknya bagi kesehatan.

Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan kamu ya Fresher. Perlu diingat bahwa sesibuk apapun kamu harus menomor satukan kesehatan. Badan yang sehat plus jiwa yang juga sehat justru akan menunjang aktivitas kamu dan membantu kesuksesan kamu. Semangat!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme