cara menghilangkan nagntuk. / kantuk di siang hari

Salah satu hal yang paling sering dialami orang saat berpuasa adalah rasa ngantuk / kantuk di siang hari. Energi yang terkumpul saat sahur mulai habis dan tubuh pun mulai lelah dengan aktivitas yang dilakukan. Selain itu, ngantuk juga seringkali disebabkan oleh aliran oksigen yang tak lancar pada otak.

Rasa ngantuk di siang hari tentunya sangat mengganggu, terutama ketika Fresher masih bekerja dan tengah berpuasa. Namun jangan khawatir, rasa ngantuk di siang hari bisa dihalau tanpa harus membatalkan puasa Fresher. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ngantuk di siang hari saat berpuasa,  dan beberapa tips puasa di bulan ramadhan seperti dilansir oleh Life Hackery.

cara menghilangkan nagntuk. / kantuk di siang hari

1. Jalan-jalan

Ketika puasa, Fresher mungkin tak berminat untuk bangun dari kursi dan berjalan-jalan. Namun jalan-jalan ringan saja tak akan membahayakan, dan tak akan membuat Fresher semakin lelah, terutama saat berpuasa. Sebaliknya, jalan-jalan sebentar di sekitar tempat kerja akan membuat tubuh kembali segar. Jadi, bangun dari kursi Fresher dan berjalan-jalanlah sejenak ke luar ruangan. Hirup udara yang segar, lihatlah taman, pepohonan, atau pemandangan lain yang bisa menyegarkan penglihatan Fresher. Berjalan-jalan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Ini akan menyingkirkan ngantuk dan rasa malas yang menempel pada tubuh Fresher. Cobalah berjalan-jalan di luar ruangan selama beberapa menit, dan rasakan manfaatnya.

2. Meditasi 5 menit

Peneliti percaya bahwa meditasi bisa menyegarkan tubuh. Ketika Fresher sedang merasa sangat ngantuk ketika bekerja dan berpuasa, berhenti memaksa diri Fresher untuk terus bekerja karena pekerjaan bisa jadi akan berantakan. Cobalah untuk bermeditasi selama lima menit

3. Tidur siang

Ya, ketika merasa ngantuk, tidur siang adalah hal yang pasti diinginkan oleh semua orang. Namun ini bukan sekedar tidur siang yang membuat Fresher semakin bermalas-malasan. Tidur siang singkat yang dinamakan dengan ‘power nap’ justru akan membuat Fresher lebih segar dan tak lagi mengantuk sepanjang waktu. Tidur siang ini dilakukan hanya dalam beberapa menit. Penelitian mengungkap bahwa melakukan tidur siang singkat di siang hari justru bisa membuat tubuh lebih segar dan produktif setelahnya. Namun tentunya tidur siang tersebut tidak dilakukan untuk semakin bermalas-malasan. Untuk melakukan ‘power nap’ ini, kepala harus disangga oleh sesuatu, seperti punggung kursi atau bantal.

4. Cuci muka

Ketika mengantuk dan tak bisa mengonsumsi makanan apapun untuk meningkatkan energi, tubuh membutuhkan stimulus lain dari luar agar bisa ‘terbangun’. Salah satunya adalah dengan mencuci muka. Ketika Fresher merasa wajah mulai kaku karena lelah dan ngantuk, pergilah ke kamar mandi dan cuci muka. Selain mencuci muka, Fresher juga bisa memperbaiki penampilan seperti menyisir rambut, memakai make up, atau memijat wajah Fresher sendiri. Mencuci muka dan memperbaiki penampilan adakan membuat Fresher merasa lebih baik dan tidak mengantuk lagi. Fresher pun terlihat lebih segar!

5. Temukan hal yang lucu

Jika Fresher bekerja menggunakan komputer, tak ada salahnya untuk mencari hiburan sesekali ketika merasa sedang sangat ngantuk. Gambar atau hal-hal yang lucu bisa menghalau rasa ngantuk yang Fresher rasakan. Jika Fresher tak memiliki komputer saat bekerja, Fresher bisa bercakap-cakap dengan teman kerja atau mengajak mereka bercanda. Tentunya ini dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Terkadang orang merasa ngantuk karena mereka sendirian dan tidak memiliki teman bicara. Rasa ngantuk di siang hari biasanya bisa diatasi dengan minum kopi. Namun jika sedang puasa, Fresher bisa mencoba alternatif-alternatif tadi untuk menghalau ngantuk tanpa harus membatalkan puasa. Selain itu, ngantuk biasanya juga bisa dipicu oleh makanan yang salah saat sahur. Karena itu, sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi, jangan konsumsi makanan yang bisa menyerap energi dengan cepat dan membuat Fresher kekurangan energi seperti makanan-makanan ini .

Namun, akan lebih baik jika saat Fresher menjalankan ibadah puasa, janganlah Fresher melakukan hal yang terlalu berat yang beresiko mengurangi banyak tenaga yang Fresher simpan. Untuk masalah cucian misalnya, bisa langsung serahkan ke Laundry kiloan atau satuan yang dekat di sekitar tempat Tinggal Fresher. nah, Simply Fresh yang memiliki lebih dari 300 cabang di seluruh Indonesia, pasti mudah untuk di jumpai di sekitar tempat tinggal Fresher.

Selamat mencoba Fresher. Dan tetap semangat dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, simply fresh juaranya laundry kiloan 🙂

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme