Manfaat Membacakan Dongeng

Tahukah Fresher, membacakan buku bacaan atau dongeng kepada adik atau anak Anda yang masih Balita ternyata bisa memberikan banyak dampak positif. Seperti yang dilansir dari vemale.com, ada sedikitnya lima manfaat positif yang bisa diperoleh anak. Yuk cari tahu

1. Menanamkan Nilai-Nilai Kebaikan
Anak-anak selalu punya rasa ingin tahu yang besar tentang karakter cerita yang mereka dengar dan malah ingin meniru karakter favoritnya tersebut. Manfaatkan hal tersebut dengan menceritakan sebuah kisah yang penuh makna kebaikan dan hal-hal positif, secara tidak langsung Anda sedang menanamkan nilai-nilai kebaikan pada sang anak.

2. Meningkatkan Kemampuan Verbal
Membacakan cerita ke anak-anak bisa membuat mereka terbiasa dengan bahasa yang digunakan sekaligus mempelajari kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan. Mendongeng adalah sebuah teknik yang sangat ampuh untuk bisa melatih anak-anak terbiasa dengan bahasa sehari-hari yang digunakan. Selain itu kemampuan mendengar anak-anak juga akan meningkat secara signifikan. Saat anak mendengar cerita, mereka bisa lebih fokus sekaligus belajar untuk memahami sesuatu dengan baik.

3. Mempertajam Daya Ingat
Anda bisa mencoba memancing Anak untuk mengingat kembali cerita yang sudah diceritakan beberapa hari sebelumnya. Cara ini adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan daya ingat dan mempertajamnya. Untuk balita, Anda bisa menggunakan buku bergambar, lalu menyebutkan nama karakter tertentu dan meminta anak Anda untuk menunjuk gambar karakter yang Anda sebutkan.

4. Memperluas Wawasan
Melalui cerita dan dongeng, Anda bisa mengajak anak Anda untuk mengenal ragam budaya yang berbeda-beda. Pemahaman anak tentang dunia yang luas akan lebih mudah ditanamkan jika disampaikan dengan cara yang menyenangkan, seperti membacakan cerita atau dongeng.

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
Terkadang anak-anak ragu untuk bertanya. Meskipun pikiran mereka penuh akan pertanyaan, mereka sering tak tahu bagaimana cara mengeluarkan pertanyaan tersebut. Melalui media mendongeng atau membacakan cerita, Anda bisa memancing anak Anda untuk bertanya dan menyampaikan sesuatu. Keingintahuan anak-anak biasanya besar sekali dan apabila bisa diakomodasi dengan baik, ia akan tumbuh menjadi anak dengan kemampuan komunikasi yang baik dan percaya diri.

Jadi mari luangkan waktu untuk membacakan dongeng bagi adik atau anak Anda di rumah. Lakukan dalam kondisi yang senyaman mungkin, gunakan ekspresi yang lucu dan menarik atau tirukan suara-suara yang bisa membuat anak-anak tertarik dan jangan lupa libatkan anak-anak dalam bercerita ya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme