teknik pembuatan batik

Setelah kita tahu sejarah asal usul batik, kini saatnya kita mempelajari teknik pembuatan batik yuk!

Batik merupakan warisan Indonesia yang diciptakan dari para seniman yang berjiwa seni tinggi. Hampir di setiap daerah memiliki motif, ciri khas, teknis pembuatan, dan makna simbolik dari batik itu sendiri. Diolah dari berbagai sumber, untuk teknik pembuatan batik secara umum di Indonesia terdapat 5 teknik, yakni:

1. Teknik canting tulis
Teknik ini tentunya menggunakan canting sebagai alat untuk membatik. Membatik dengan menggunakan canting disebut juga dengan teknik membatik tradisional. Teknik ini cukup membutuhkan ketelitian dan tingkat fokus yang tinggi lho Fresher, maka tak heran juga jika batik tulis dikenal sangat mahal harganya
2. Teknik celup ikat
Teknik ini biasanya juga disebut sebagai nama jumputan, tritik, atau pelangi. Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan, karena hanya mengikat sebagian kain lalu dicelupkan kedalam cairan pewarna.
3. Teknik printing
Teknik ini tentu saja menggunakan alat printing yang lebih cepat dan efisien dalam pengerjannya. Biasanya pada proses pewarnaan hanya satu sisi kain saja yang diwarnai.
4. Teknik cap
Teknik ini menggunakan canting cap yang timbul. Kelebihan teknik ini sendiri yakni lebih cepat dalam proses pemalaman
5. Teknik colet
Teknik colek dikenal juga dengan teknik lukis. Teknik ini membutuhkan tingkat kejelian yang tinggi, agar bisa menyatukan beberapa warna yang berbeda agar bisa menyatu

Gimana Fresher, sudah pernah coba ikut membatik belum?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme