Puasa diyakini berguna untuk kesehatan. Tetapi terkadang rasa malas untuk merawat tubuh saat bulan puasa menimbulkan beberapa keluhan kecantikan.

Seperti dikutip dari wolipop.com, karena tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang panjang memang bisa membuat tubuh kurang nutrisi. Akibatnya kulit pun menjadi kering. Belum lagi kurangnya waktu istirahat dan pengaruh makanan berbuka yang menambah parah kondisi kulit. Yuk Fresher kita cari tahu masalah kecantikan apa yang terkadang muncul saat berpuasa dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Bibir Kering
Bibir kering adalah masalah kecantikan yang paling terlihat selama menjalankan ibadah puasa. Cara mengatasinya tentu tidak terlalu sulit yakni cukup dengan rajin mengoleskan pelembap bibir. Agar bibir lembap dan tampilan wajah lebih segar, pilih lip balm yang dihadirkan dengan warna. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi air putih secukupnya saat sahur dan berbuka.

2. Bau Mulut
Meski tidak terlihat jelas, masalah ini cukup mengganggu orang-orang yang sedang berpuasa. Untuk mengatasinya sediakan saja obat kumur di tas atau laci kerja. Pilih produk dengan wangi yang menyegarkan namun tidak terlalu kuat. Fresher juga bisa mengonsumsi makanan sahur dan berbuka yang mengandung wortel, apel, dan bengkuang yang dipercaya bisa menghindarkan bau mulut.

3. Kulit Kering
Selain bibir, kulit wajah dan bagian tubuh lain juga sering mengalami kekeringan di bulan Ramadan. Belum lagi paparan polusi dan AC yang memperparah masalah kulit kering. Selain kering, kulit pun kerap terlihat kusam serta tampak garis-garis halus. Ketika puasa, Fresher memang harus lebih rajin mengaplikasikan pelembap. Jika kulit kering yang dialami cukup parah maka bisa mengoleskan pelembap sebelum tidur atau saat kulit sudah terasa ketat. Perbanyaklah minum air putih serta buah-buahan yang mengandung vitamin C, A, dan E.

4. Mata Sembab
Kurang istirahat menyebabkan orang yang menjalani puasa sering mengantuk. Mata pun sering tampak sayu serta sembap. Satu-satunya cara alami untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghindari begadang. Jika bisa, tidurlah lebih cepat agar tetap segar keesokan harinya. Bila perlu, sediakan pula sebuah obat tetes ketika mata terlihat merah atau sangat lelah. Bisa juga dengan mengompresnya dengan air dingin atau es. Ketika sahur dan berbuka, konsumsi juga sayur dan buah yang mengandung vitamin A.

5. Kuku Kering
Kuku juga merupakan bagian tubuh yang kerap menjadi kering saat puasa. Demi mengatasinya kadang tidak cukup dengan mengoleskan pelembap. Untuk itu, Fresher perlu menggunakan vaselin atau petroleum jelly sebelum tidur pada bagian kuku. Bisa juga dengan mengaplikasikan minyak zaitun atau baby oil. Hindari pemakaian pembersih cat kuku dengan kandungan acetone karena akan membuatnya semakin kering.

6. Jerawat
Kurangnya asupan air putih dan istirahat membuat beberapa orang rentan timbul jerawat saat Ramadan. Terlebih jika mereka sering berbuka puasa dengan makanan gorengan atau santan. Sebaiknya kamu megurangi atau mengimbangi asupan yang kurang menyehatan tersebut dengan banyak mengkonsumsi air putih, buah, serta jus. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan wajah sepulang dari beraktivitas.

Yuk di praktekkan tips nya buat Fresher yang mengalami keluhan-keluhan di atas. Semoga bermanfaat ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme