Idul Adha

(Sudahkah Fresher memilih hewan kurban terbaik di hari paling baik ini?), Berkurban merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu melaksanakannya. Bagi Fresher yang sudah merencanakan membeli hewan kurban, tidak ada salahnya kalau dari sekarang sudah mulai jeli dengan pilihan2 ternak yang ada di pasar. Memilih hewan kurban menjadi salah satu hal yang harus Fresher lakukan ketika memutuskan untuk berkurban. Hal tersebut karena telah di perintahkan untuk memilih hewan kurban yang sehat dan memberikan manfaat bagi pengkonsumsinya. Nah, kali ini Mr. Fresh akan membagi – bagikan hewan kurban yang paling baik diantara yang lain jika Fresher memilih di pasaran nanti.

Tahapan pertama, hewan kurban yang akan diberikan adalah hewan ternak seperti unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau seperti yang telah menjadi ketentuan.

Kedua, Sudah memenuhi syarat umur. Karena ketentuan setiap jenis hewan ternak yang akan kita kurbankan berbeda-beda. Untuk kambing atau domba adalah berusia satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun, dan untuk unta lima tahun.

Ketiga, hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah.

Keempat, hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Kelima, tidak kurus dan cacat (pincang, buta, daun telingan tidak ada). Karena dengan memberikan yang terbaik, tentu kita akan meraih hasil terbaik pula.

Keenam, ini menjadi tambahan saja karena hewan kurban yang sehat cuping hidungnya basah (bukan karena flu), bulunya bersih dan mengilap, nafas dan detak jantung normal, nafsu makan normal, lubang kumlah bersih dan berwarna merah muda.

Nah, itulah tips dari Mr. Fresh untuk Fresher dimanapun berada. Selamat mencoba Fresher. Semoga ibadah kurban kita diterima oleh Allah SWT, amin … 🙂

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme