6 Tips Nyaman Olahraga Saat Puasa

6 Tips Nyaman Olahraga Saat Puasa

Aktifitas olahraga anda terhambat karena alasan puasa ?
Jangan membuat beribu alasan dulu lho Fresher karena ternyata melakukan olah tubuh saat kondisi berpuasa masih tetap dapat dilakukan. Hal tersebut akan lebih mudah lagi dilakukan oleh anda yang memang sudah rutin berolahraga.

Tetapi memang aktifitas yang dilakukan tidak bisa seberat biasanya. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat melakukan olahraga di waktu berpuasa. Apakah itu ? Simak informasinya dalam berikut 6 Tips Nyaman Olahraga Saat Puasa ini.

1. Pilih Waktu yang Tepat
Pada saat berolahraga tubuh mengeluarkan glycogen yakni melakukan pelepasan energi. Karena kondisi anda sedang berpuasa maka pelepasan energi tersebut harus di atur dengan bijak karena saat berpuasa tubuh juga mengeluarkan glycogen.
Disarankan untuk melakukan olahraga satu jam atau 30 menit sebelum berbuka atau dua sampai tiga jam setelah berbuka dan makan besar. Pada jam tersebut anda bisa segera menggantikan cairan tubuh yang keluar lewat keringat setelah berolahraga bukan ?

2. Pilih Jenis Olahraga
Pada saat berpuasa sebaiknya jangan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Pilih tingkat olahraga ringan sampai medium seperti jogging, berjalan di treadmill, jalan kaki, bersepeda dan yoga. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak mengalami over-training dan asupan nutrisi yang masuk tidak mencukupi proses perbaikan stamina.

3. Perhatikan pola makan saat berbuka dan sahur
Asupan nutrisi dari makanan yang tepat harus anda penuhi agar tubuh tetap kuat melakukan aktifitas keseharian dan juga melakukan olahraga. Karbohidrat dan protein sangat baik untuk mengembalikan energi dan kinerja otot. Buah-buahan pun dapat memenuhi asupan vitamin dan serat agar tak terjadi malnutrisi dan tubuh menjadi lemas tanpa tenaga saat beraktivitas.

4. Perhatikan asupan cairan
Asupan cairan tubuh juga sangat penting. Kondisi dehidrasi bisa mengakibatkan anda lemas bahkan tak sadarkan diri. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat apalagi dilakukan siang hari juga dihindari karena olahraga bisa mengeluarkan keringat dan menurunkan cairan tubuh.

5. Perhatikan juga lama tidur
Tidur yang cukup menjaga kondisi tubuh tetap prima. Karena itu perhatikan waktu tidur anda. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Melakukan tidur siang ternyata juga bisa membantu untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

6. Hindari melakukan aktifitas fisik yang berat bersamaan
Tanpa disadari pekerjaan rumah tangga itu ternyata memerlukan aktifitas fisik yang lumayan berat lho Fresher. Karena itu delegasikan pekerjaan rumah tangga kepada semua anggota keluarga agar anda bisa dapat tetap rutin melakukan kegiatan fisik lainnya termasuk olahraga. Nah, untuk urusan mencuci pakaian kotor juga tidak perlu membuat anda bingung! Karena Simply Fresh Laundry dengan 290 ++ outlet yang tersebar di lebih dari 100 kota bisa menjadi andalan anda saat harus membuat bersih, rapi dan wangi pakaian kesayangan

Nah, itu tadi 6 Tips Nyaman Olahraga Saat Puasa untuk anda, semoga bermanfaat ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme