Saat berpuasa pola makan dan hidup akan sedikit berubah. Agar kamu tetap sehat dan tidak lemas saat puasa berikut delapan tips dari Okezone agar kamu untuk kesehatan badan kamu saat puasa. Yuk cari tahu

Hindari gula
Setiap kali berpuasa banyak orang selalu memperbanyak asupan gula yang konon bisa membangkitkan energi. Padahal keinginan itu seharusnya dihindari demi mencegah diabetes. Ada baiknya jika ingin tetap makan yang manis-manis, pilih saja buah segar, kismis, sedikit cokelat hitam atau menggantikan gula dengan madu murni.

Minum Banyak Air
Orang dewasa pasti membutuhkan delapan gelas air setiap hari, tak terkecuali di bulan puasa. Air minum akan mengeluarkan racun pada tubuh serta membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit dan mengganggu waktu berpuasa.

Lakukan aktivitas fisik
Jika Fresher merasa sulit untuk berolahraga selama bulan Ramadan, jangan tinggalkan aktivitas fisik daripada kamu banyak istirahat atau sekedar duduk saja. Banyak pilihan aktivitas fisik yang menyenangkan seperti berjalan kaki, berkebun, mencuci baju, mencuci mobil, mengepel lantai, hingga naik turun tangga.

Makan banyak serat
Memilih menu kaya serat selama berpuasa itu sangat penting karena dapat membuat terbebas dari gangguan pencernaan. Terlebih makanan kaya serat yang baik seperti oat, roti gandum, sayur dan buah-buahan sangat baik dimakan saat santap sahur. Jenis makanan berminyak dan bersantan wajib dihindari seseorang yang berpuasa. Karenanya, makanan tersebut sangat mudah memicu penyakit dan membuat tubuh tidak bugar.

Tidak makan larut malam
Saat berbuka Fresher tidak selalu dianjurkan langsung menyantap makanan berat. Tapi waktu terbaik untuk mengambil makan malam yaitu, tidak lebih dari pukul 20.00 agar tidak semakin menambah berat badan selama berpuasa.

Hindari makanan berminyak
Saat membatalkan puasa tak sedikit orang memilih makanan berminyak atau bersantan yang mengandung tinggi lemak. Ini akan meningkatkan kolesterol jahat yang memicu penyakit kardiovaskular berbahaya.

Tidak kalap saat buka puasa
Saat berbuka puasa setiap orang pasti selalu ingin menyantap banyak jenis makanan dan minuman mengikuti keinginan lidah. Cara ini tentu membuat Anda kekenyangan, sehingga tidak baik bagi kesehatan, serta menjadi malas untuk melanjutkan ibadah salat tarawih.

Menambah porsi makan saat sahur
Sebelum menyiapkan tenaga untuk menahan lapar dan haus selama 13 jam saat santap sahur Fresher dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan memperbanyak porsi makan dari biasanya. Tapi ingat, ada baiknya menghindari nasi putih atau roti tawar saat sahur agar tidak membuat kamu lemas dan cepat lapar sepanjang hari.

Bagaimana Fresher? Sudah pernah mencoba tips di atas?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme