sejarah batik indonesia

Punya batik tapi ga tau asal usul batik?

Ketika tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan oleh UNESCO batik sebagai warisan budaya Indonesia, sejak saat itu setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tapi apakah Fresher tau sejarah atau asal usul batik di Indonesia?

Sejarah Batik di Indonesia, Khususnya di pulau jawa. Kata batik asal mulanya berasal dari bahasa Jawa, yakni amba dan nitik. Awalnya batik hanya ditulis di atas daun lontar dan papan rumah adat Jawa saja lho.. Kegiatan membatik ini pada saat itu dilakukan untuk mengisi waktu luang. Pada abad ke-17 batik mulai semakin dikenal dan berkembang ditulis di atas kain dan dibuat pakaian. Untuk membuat pola dan gambar, hanya digunakan pewarna alami yang berasal dari tumbuhan. Motif yang digunakan juga masih cukup sederhana yakni motif berbentuk tanaman dan binatang.

Dalam penggunaannya batik pada jaman dahulu hanya digunakan oleh keluarga kerajaan dan pengikutnya saja, yang menjadikan batik sebagai simbol budaya. Lambat laut, karena banyak prngikut raja yang tinggal diluar kerajaan akhirnya proses pembuatan batik dipelajari juga oleh rakyat biasa, sehingga batik tidak hanya dipakai dan digemari oleh keluarga kerajaan saja, tetapi juga oleh masyarakat luas.

Berkembangnya batik di masyarakat luas, semakin berkembang pula motif batik dan cara pembuatan batik. Sehingga sampai saat ini kita bisa merasakan menggunakan batik dengan berbagai motif tidak hanya pada pakaian, tapi bisa juga digunakan sebagai pemanis asesoris sepatu, tas, bahkan rok batik. (Diolah dari berbagai sumber)

Ngomongin soal batik, tau ga nih kota mana aja yang dikenal sebagai kota pengrajin batik?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme