Tahun 2023 diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi. Yaitu kondisi di mana suatu negara mengalami penurunan kegiatan ekonomi yang berlangsung secara signifikan dalam jangka waktu berbulan-bulan hingga tahunan.

Salah satu dampak dari timbulnya resesi adalah maraknya pemutusan hubungan kerja atau PHK. Dikutip dari kompas.com, Sektor tekstil dan sepatu merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak. Sampai Oktober 2022, dilaporkan sudah lebih dari 100.000 buruh terkena PHK.

Gelombang PHK tidak hanya menimpa industri padat karya dan manufaktur. Industri startup digital juga mengalami gelombang PHK sejak awal tahun 2022.

Tercatat ada belasan startup digital yang melakukan PHK antara lain: GoTo, Ruangguru, Sirclo, Shopee, LinkAja, Zenius, TaniHub, Fabelio, Xendit, Pahamify, JD.ID, Line, Mamikos, Tokocrypto, Lummo, MPL dan Beres.id.

Maka dari itu, untuk berjaga-jaga ketika terjadi gelombang resesi, alangkah baiknya mulai dari sekarang Anda harus persiapan menghadapinya.

Dikutip dari suara.com, hal yang bisa Anda lakukan adalah membangun bisnis sampingan. Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk mendapat penghasilan atau pemasukan tambahan melalui pekerjaan sampingan.
Misalnya, Anda bisa membuka jasa titip, menjadi reseller, personal assistant, penulis lepas, ataupun pekerjaan sampingan lainnya.

Salah satu bisnis prospek tahan krisis adalah bisnis laundry, peluang pasarnya masih sangat luas dan prospek bisnisnya masih sangat bagus. Peluang usaha ini juga masih akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Terang saja Simply Fresh Laundry yang berdiri sejak tahun 2006 mampu melewati krisis mulai dari Subprime Mortgage 2007-2009, dan Pandemi Covid-19 2020-sekarang.

Konsumen pada sektor laundry dari hari kehari semakin meningkat seiring kesibukan dan tingkat mobilitas yang semakin tinggi. Target konsumen dari bisnis laundry meliputi mahasiswa, pegawai maupun keluarga yang tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri.

Berdasar data kami pun, saat ini banyak keluarga yang lebih mempercayakan mencuci pakaian hariannya ke laundry ketimbang mencuci sendiri dirumah, ada yang karena pertimbangan Asisten rumah tangga yang kurang maksimal hasilnya, pertimbangan tidak mau di ribetkan urusan mensetrika, serta untuk jenis-jenis pakaian tertentu yang tidak dapat di cuci sendiri dirumah, seperti jas, batik sutra, kebaya, kulit, dan bahan lainnya.

Jika anda tertarik dengan prospek bisnis laundry ini dapat disolusikan dengan bergabung kepada kemitraan atau franchise terpercaya.

Sebelum bergabung menjadi franchisee dalam bisnis laundry, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan :

  1. Siapkan lokasi yang strategis, misalnya yang berdekatan dengan kos-kosan, perumahan ataupun perkantoran, karena konsumen potensial Anda adalah kalangan masyarakat yang memiliki tingkat kesibukan tinggi.
  2. Ikutilah program pelatihan (training) karyawan yang diberikan oleh pihak franchisor. Hal ini sangat penting mengingat pelatihan tersebut akan menjadi bekal Anda agar dapat menjalankan usaha sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan oleh franchisor.
  3. Siapkan modal yang cukup, karena meskipun pihak franchisor telah menyediakan paket-paket investasi yang sudah mencakup segala kebutuhan awal usaha, namun tidak ada salahnya Anda memiliki dana cadangan sebagai tambahan modal selama menjalankan usaha.

Disamping prospek bisnisnya bagus, franchise laundry juga sangat membantu bagi pengusaha pemula untuk dapat memulai usaha dengan mudah. Dengan investasi yang Anda pilih dalam franchise, maka akan sangat membantu dalam mempersiapkan bisnis Anda, karena segala persiapan yang meliputi peralatan dan bahan baku telah dipersiapkan oleh franchisor.

Jika Anda sedang bingung memilih investasi franchise laundry yang tepat, bergabunglah dengan Simply Fresh Laundry, yang hingga saat ini telah membuka 368 outlet yang tersebar di 100 kota Indonesia dari Aceh sampai Papua.

Dengan investasi yang terjangkau Anda sudah dapat memiliki bisnis franchise laundry profesional yang telah mendapat lebih dari 36 penghargaan Nasional dan Internasional.

Segera bergabung dan sukses bersama SIMPLY FRESH LAUNDRY

INFO FRANCHISE

Referensi :
https://www.suara.com/news/2022/10/15/095039/7-persiapan-menghadapi-resesi-2023-pekerjaan-sampingan-hingga-dana-darurat-sebelum-terlambat

https://money.kompas.com/read/2022/11/29/080000126/gelombang-phk-dan-resiliensi-ekonomi-indonesia?page=all

Previous Post

Leave a Reply

WordPress Theme