batik belanda

Sejarah Batik Belanda Bernuansa Kolonial, Tahu nggak sih, ternyata batik itu pernah menjadi juara di hati para kompeni saat itu, yaitu saat kolonial Belanda gencar mendirikan kongsi-kongsi perdagangan di tanah Hindia Belanda (Indonesia). Dahulu, batik hanya lahir di tanah Mataram (salah satu kerajaan di Jawa) yang menjadi busana penuh filosofi dan arti tersembunyi. Tapi semenjak hadirnya para noni-noni dari negeri kincir, batik akhirnya juga terlahir di bumi pekalongan dengan mengusung konsep berbeda dari konsep batik milik tanah Mataram, yaitu bertajuk Batik Belanda.
.
Embrio kelahiran Batik Belanda adalah adanya penurunan import Chintz dari India yang merupakan busana sehari-hari para kompeni, sehingga mereka melirik batik dan tumbuh rasa cinta. Akan tetapi para noni-noni lebih menginginkan warna dan motif batik yang akan mereka kenakan dekat dengan budaya asal negara mereka. Motif bunga-bunga khas Belanda dan warna-warni ceria yang diracik dengan motif-motif yang bercerita tentang dongeng-dongeng populer di Eropa menjadi DNA dari kekhasan batik Belanda.
.
Hmm… unik juga ya! Bisa jadi batik-batik yang Fresher gunakan sekarang ini juga merupakan Batik Belanda. Coba lihat milik masing-masing. 😉

*Diolah dari berbagai sumber, RWP

Simply Fresh, JUARANYA LAUNDRY KILOAN!!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme