Cara Membangun Bisnis

Cara Membangun Bisnis, Bagi kebanyakan orang, membangun bisnis dari nol menjadi hal yang membingungkan, apalagi bagi yang belum pernah memiliki pengalaman bisnis sebelumnya. Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis. Selain itu, seorang calon pengusaha juga harus memahami berbagai resiko yang mungkin muncul ketika memulai sebuah bisnis. Berikut ini akan dibahas beberapa langkah dalam membangun bisnis Anda sendiri

1.       Modal – Cara Membangun Bisnis

Seringkali modal menjadi pertimbangan utama seseorang dalam memulai bisnis. Bahkan ada kalanya seseorang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis sendiri karena terkendala dalam hal modal. Memang dalam memulai sebuah usaha kita membutuhkan modal financial, tapi sesungguhnya modal yang dibutuhkan tidak sebanyak yang diperkirakan. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk memulai usaha dengan biaya yang murah.

2.       Pemasaran – Cara Membangun Bisnis

Pemasaran seringkali juga menjadi salah satu kelemahan pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Banyak pengusaha yang memiliki produk yang bagus dan berkualitas namun kurang laku karena kurangnya pemasaran yang dilakukan. Oleh karena itu, dalam merintis sebuah usaha diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar produk Anda dapat dikenal luas oleh masyarakat. Pada dasarnya prinsip pemasaran untuk segala usaha itu sama, yang membedakan hanyalah trik dan strateginya, disesuaikan dengan karakteristik bisnis yang Anda tekuni.

3.       Memperhatikan saran dan kritik dari konsumen – Cara Membangun Bisnis

Jangan pernah menyepelekan saran dan kritik yang disampaikan oleh konsumen, karena saran dan kritik tersebut dapat menjadi sarana untuk evaluasi bagi bisnis yang Anda jalankan. Dengan demikian Anda akan terus meningkatkan performa bisnis Anda. Sebagaimana sebuah quotes dari Bill Gates “Your consumers who most unhappy are the largest source for you to learn

4.       Amati dan kembangkan – Cara Membangun Bisnis

Jika bisnis Anda sudah berjalan, tugas Anda selanjutnya adalah mengamati. Amatilah pertumbuhannya seperti kenaikan jumlah pelanggan serta mengapa mereka memilih tempat Anda untuk berbelanja. Walaupun usaha Anda sudah berjalan dengan lancar tapi masih perlu dilakukan evaluasi secara berkala, bila menemukan kekurangan tersebut segeralah catat dan segeralah diperbaiki. Untuk kelebihan yang dimiliki pertahankan serta kembangkan. Inovasi dan pengembangan kelebihan harus dilakukan secara berkala agar para pelanggan tidak cepat merasa bosan. Action saja tidak cukup untuk mendirikan sebuah bisnis tapi diperlukan seruntutan proses untuk proses menuju bisnis yang besar dan berkembang.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme