Mesin cuci terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah mesin cuci 2 tabung. nah kami simply fresh laundry akan memberikan beberapa tips mencuci menggunakan mesin cuci 2 tabung.

Berdasarkan jumlah tabung, mesin cuci dibagi atas menjadi 2 jenis yaitu mesin cuci 1 tabung (single tub) dan mesin cuci 2 tabung (twin tub). Pada mesin cuci single tub, 1 tabung tersebut digunakan sebagai tempat mencuci sekaligus mengeringkan pakaian. Sedangkan, mesin cuci twin tub mengunakan 1 tabung untuk mencuci dan tabung lainnya untuk mengeringkan pakaian. Oleh karena artikel ini membahas mesin cuci 2 tabung saja, maka penulis akan memaparkan kelebihan dan kekurangan mesin cuci 2 tabung berikut ini.

Kelebihan mesin cuci 2 tabung

  1. Harga lebih terjangkau dibanding mesin cuci 1 tabung
  2. Lebih meminimalisir penggunaan listrik. Mesin cuci 2 tabung tidak boros listrik
  3. Tidak mudah rusak karena menggunakan 2 tabung. Penggunaan tabung untuk mencuci dan mengeringkan yang terpisah menyebabkan mesin cuci 2 tabung ini menjadi lebih awet.

Setelah membahas kelebihan mesin cuci 2 tabung, langsung saja kita ke pembahasan inti, yaitu cara mencuci baju dengan mesin cuci 2 tabung.

  1. Isi air secukupnya ke dalam tabung pencucian. Biasanya, tabung pencucian memiliki ukuran lebih besar daripada tabung pengeringan. Pengisian air dapat dilakukan dengan menggunakan gayung secara manual. Jika tidak ingin repot, kamu bisa menggunakan selang.
  2. Setelah itu, masukkan pakaian ke dalam tabung pencucian.
  3. Lalu, tambahkan deterjen secukupnya. Jangan berlebihan dalam menggunakan deterjen karena dikhawatirkan akan meninggalkan residu yang membuat pakaian nampak kusam. Cukup sedang-sedang saja.
  4. Kemudian, tentukan pengaturan mesin cuci. Misalnya jika kamu ingin mencuci pakaianmu selama 10 menit, maka atur timer nya berdurasi selama 10 menit. Lalu, jika pakaian yang kamu cuci berbahan halus seperti katun dan sutra, maka pilih mode halus. Jika pakaian kamu berbahan jeans, maka pilih mode kasar. Jika kamu mencuci jaket parasut, simak cara mencuci jaket parasut dengan mesin cuci. Pemilihan mode ini akan berpengaruh pada kekuatan berputar dari mesin cuci.
  5. Setelah selesai dicuci, maka buanglah air dari tabung tersebut. Gunakan pengaturan pada mesin cuci yang bermakna keluarkan air.
  6. Lalu, isi kembali air ke dalam tabung pencucian. Pengisian air bertujuan untuk membilas pakaian tersebut.
  7. Setelah selesai dibilas, maka pindahkan pakaian ke tabung pengeringan untuk dikeringkan. Tutup tabung kemudian pilih waktu pengeringan. Jika dirasa perlu 2 menit mengeringkannya, maka atur pengaturan 2 menit pengeringan.
  8. Selesailah berbagai tahap pencucian dalam mesin cuci 2 tabung.
Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme