Mencuci Sepatu dengan Mesin Cuci

Apa pun jenis gaya hidup fresher, pastilah sepatu fresher suatu saat akan kotor. Fresher tidak seharusnya keluar dengan sepatu yang tampak kumal atau usang. Pembersihan sederhana biasanya dapat menghilangkan kotoran dan debu berlebih sehingga membuat sepatu tampak baru! Berikut Mr. Fresh ingin membagikan tips mencuci sepatu kets dengan mesin cuci

Mencuci Sepatu dengan Mesin Cuci

Lepaskan tali sepatu dan sol bagian dalam. Fresher perlu mencuci sepatu, tali sepatu, dan sol bagian dalam secara terpisah karena hal ini akan mempersingkat waktu pengeringan nantinya.

Fresher bisa mencuci tali sepatu bersama sepatu di dalam mesin cuci, namun air akan menyumbat di dalam sol bagian dalam selama berhari-hari.

Bersihkan tali sepatu. Jika tali sepatu sangat kotor, fresher perlu membeli tali sepatu baru, namun fresher bisa membersihkannya dengan cara digosok menggunakan sikat yang diberi sabun atau dimasukkan ke dalam mesin cuci bersama sepatu. Biarkan mengering sendiri sebelum dipasang lagi.

Cara lain untuk membersihkan tali sepatu adalah dimasukkan ke dalam sarung bantal dan dijepit atau diikat ujung-ujungnya dan dimasukkan ke dalam mesin cuci. Cara ini akan menjaga sepatu agar tidak menyumbat di dalam lubang saluran air mesin cuci.

Agar warna tali sepatu bisa menjadi secerah mungkin, jika tali sepatu berwarna putih dan sepatunya berwarna, fresher bisa mencucinya secara terpisah dalam siklus pencucian biasa dengan pakaian lain yang berwarna putih.

Bersihkan dan hilangkan bau sol bagian dalam. Dengan menggunakan campuran sabun cuci cair dan air hangat, gosoklah pelan-pelan sol bagian dalam dengan sikat lembut atau kain lap. Kemudian rendam spon di dalam air sabun berlebih dan biarkan sol bagian dalam mengering sendiri sebelum dimasukkan kembali ke dalam sepatu.

Jika sol bagian dalam masih berbau tak sedap, masukkan ke dalam kantung plastik dengan soda kue, guncangkan secara merata, dan biarkan semalaman.
Jika sol bagian dalam masih berbau tak sedap, rendam selama beberapa jam dalam campuran cuka dan air dengan perbandingan 2:1. Lalu rendam sebentar di dalam campuran air hangat, soda kue, dan minyak esensial, seperti minyak tea tree atau minyak cemara.

Bersihkan kotoran berlebih dan noda berat pada sepatu. Dengan menggunakan sikat gigi kering atau sikat lembut (misalnya sikat sepatu), sikatlah lumpur atau kotoran pada sepatu.

Bersihkan noda lain (misalnya di bagian berplastik) menggunakan sikat dengan air hangat dan/atau krim pembersih yang dioleskan pada lap atau tisu.
Jika sikat tidak bisa menjangkau sudut dan celah sepatu, fresher perlu menggunakan tusuk gigi atau kapas pentol.

Masukkan sepatu ke dalam sarung bantal. Kemudian jepit sarung bantal dalam keadaan setengah tertutup dengan 3 buah peniti sehingga air masih bisa mengalir ke dalam dan ke luar.

Intip juga bagaimana kita merawat sepatu kanvas

Untuk mencuci tali sepatu di dalam mesin cuci dalam waktu bersamaan, ikatlah ujung-ujungnya dan masukkan ke dalam sarung bantal bersama sepatu.
Fresher juga bisa menggunakan kantung pakaian kotor sebagai pengganti sarung bantal.

Masukkan sarung bantal ke dalam mesin cuci dengan satu atau dua buah handuk di dalamnya. Handuk akan menjaga sepatu agar tidak membentur di dalam mesin cuci selama siklus pencucian yang bisa merusak mesin atau sepatu.

Tambahkan sabun cuci cair. Sabun cuci bubuk bisa menyumbat di dalam sepatu, jadi gunakan sabun cuci cair. Fresher juga bisa menambahkan cuka untuk menghilangkan bau dan minyak cemara sebagai desinfeksi.

Jika menambahkan minyak cemara, produk yang digunakan setidaknya harus mengandung 80 persen minyak cemara.

Hidupkan mesin cuci. Hidupkan mesin cuci pada pengaturan lembut, suhu dingin, putaran pelan atau tanpa putaran, dan tanpa pengeringan. Suhu hangat bisa membuat sepatu kets melengkung dan pemutaran cepat atau pengeringan bisa merusak sepatu atau mesin cuci.

Keluarkan dan keringkan sepatu. Ketika mesin cuci sudah berhenti, keluarkan sepatu dari sarung bantal dan sisihkan untuk dikeringkan. Memasukkan sepatu ke dalam mesin pengering tidak disarankan karena pengering bisa melengkungkan sol sepatu.

Memasukkan tisu atau koran ke dalam sepatu akan membantu mengeringkan sepatu lebih cepat serta menjaga bentuknya.

Letakkan sepatu (serta tali sepatu dan sol bagian dalam) di tempat yang cukup terang agar kering. Jangan diletakkan di tempat yang panas (misalnya dekat radiator) atau di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak sepatu.

Membutuhkan waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari agar sepatu benar-benar kering, jadi rencanakan waktu pembersihannya terlebih dahulu.

Jika fresher terburu-buru dan perlu menggunakan pengering mesin cuci, bungkuslah sepatu dengan handuk dan hidupkan pengering pada pengaturan “lembut” dan periksa sering-sering untuk memastikan sepatu agar tidak terlalu hangat.

Pasang kembali tali sepatu dan pakailah sepatu yang tampak “seperti baru”! Jika sudah benar-benar kering, pasang kembali sol bagian dalam serta tali sepatu dan pakailah! Sepatu kini akan tampak lebih baik dan tidak bau!

Itulah sekilas tips dari Mr. Fresh. Tapi, jika fresher merasa sibuk dan tidak sempat mencuci pakaian sendiri, fresher bisa menyerahkan hasil cucian di beberapa tempat usaha laundry kiloan maupun satuan sekitar tempat tinggal fresher.

Selamat mecoba …

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme