Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal Dalam Berbisnis

Rasa takut gagal menjadi salah satu kendala besar yang dapat menghalangi seseorang untuk memulai bisnis. Banyak orang yang tidak segera menjalankan bisnis yang telah direncanakannya sejak lama atau bahkan mengurungkan niatnya untuk berbisnis hanya karena dirinya memiliki ketakutan bisnisnya akan mengalami kegagalan. Tentunya Anda tidak ingin ketakutan tersebut mengahalangi Anda untuk maju dan memulai bisnis Anda, bukan? Kali ini akan dibahas beberapa cara mengatasi rasa takut gagal dalam berbisnis.

  1. Sadari bahwa setiap orang memiliki ketakutan

Setiap orang pasti memiliki ketakutannya masing-masing saat harus memulai bisnis baru. Hal tersebut dialami baik oleh calon pengusaha maupun pengusaha yang telah berpengalaman sekalipun, ketakutan tersebut pasti ada. Namun yang membedakan adalah bagaimana masing-masing personal mengatasi ketakutan tersebut. Kematangan pribadi seseorang juga sangat menentukan kualitas sikap yang ditunjukkan saat harus menaklukkan ketakutan memulai usaha baru tersebut. ketakutan untuk memulai usaha itu lumrah adanya, Anda bukan satu-satunya orang yang mengalaminya. Sikapilah dengan sewajarnya dan cobalah berinteraksi dengan banyak orang yang juga hendak memulai usaha sehingga perasaan ketakutan itu luntur dengan sendirinya. Kadang dengan berkomunikasi dengan orang lain mata kita lebih terbuka untuk melihat kelebihan kita.

  1. Anggap ketakutan sebagai peluang untuk berkembang

Dengan ketakutan seseorang dalam memulai usaha, akan lebih sulit baginya untuk memperbaiki kualitas kehidupannya. Jika Anda mampu melihat apa yang Anda bisa capai setelah menjinakkan ketakutan itu, mungkin Anda bisa melihat sebuah dunia yang patut dipertimbangkan untuk Anda masuki. Bagi Anda yang ingin memulai berbisnis tetapi masih takut, cobalah memandang ketakutan itu sebagai sebuah peluang untuk tumbuh dan berkembang, bukan hanya dalam hal keuangan, tetapi juga secara pribadi. Untuk menjadi entrepreneur hebat, diperlukan sekali ketangguhan pribadi.

  1. Menghindari pikiran-pikiran negatif

Kadang kita sangat takut terhadap apa yang kita bayangkan mengenai hal-hal yang bisa terjadi jika kita meninggalkan zona nyaman kita. Kita bisa membayangkan semua jenis hal negatif saat kita merenungkan hal yang kita takuti seperti memulai usaha. Kita takut rugi, kita takut diolok-olok jika tidak kunjung mencetak untung, kita takut berutang banyak dan tidak bisa melunasi pada akhirnya. Namun hal ini tidak akan membuat ketakutan itu menjadi nyata. Sangatlah wajar untuk merasa takut terhadap apa yang belum kita ketahui.

  1. Kegagalan bukan akhir dari segalanya

Banyak orang berpikir bahwa ketika bisnis gagal atau merugi adalah akhir dari segalanya. Beberapa kegagalan bisa membahayakan dalam tingkatan tertentu tetapi sering kali kegagalan malah membuat kita lebih kuat, lebih matang dan lebih berpengalaman dari sebelumnya.

Jika Anda memiliki sebuah ide bisnis yang brilian tetapi Anda tidak mencoba mewujudkannya, sama saja Anda memberikan peluang emas itu pada orang lain.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme