Menggapai kesuskesan dalam berbisnis memang bukanlah suatu hal yang mudah bagi para pebisnis pemula. Diperlukan ketekunan, usaha dan waktu yang tidak sebentar untuk merintis suatu bisnis hingga mencapai pada kesuksesan. Bahkan tidak jarang dalam merintis suatu usaha kita akan menemui berbagai kendala, yang dapat berujung pada kegagalan dalam usaha yang telah dirintis. Banyak hal-hal yang perlu diketahui dan dipahami pelaku bisnis agar dapat meraih kesuksesan pengembangan usahanya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan bisnis oleh pemula :

1.      Miliki keyakinan terhadap ide

Memiliki keyakinan terhadap suatu gagasan atau ide anda tentu akan menjadi bahan bakar dalam memulai suatu usaha disamping kerja keras dan keahlian. Dengan keyakinan yang mantap akan ide atau gagasan dalam usaha anda, anda akan memiliki visi bisnis yang lebih jelas di masa depan guna mengembangkan bisnis anda.

2.      Buatlah Konsep Bisnis yang Sederhana

Banyak orang ingin cepat sukses sehingga mereka cenderung membuat konsep bisnis yang muluk-muluk tetapi pada akhirnya susah untuk dijalankan. Dengan keamampuan khusus yang anda miliki, pikirkanlah konsep bisnis yang sederhana. Kesampingkanlah jumlah modal yang anda miliki dan maksimalkan semua kemampuan khusus anda dalam usaha anda.

3.      Milikilah Sebuah Passion dalam Usaha

Dalam mengembangkan suatu usaha, pelaku bisnis harus memiliki konsistensi dalam mengelola usahanya. Untuk memiliki konsistensi yang stabil, seorang pelaku bisnis dengan passion atau minat yang baik pada suatu usaha biasanya akan lebih cepat berkembang dan sukses. Mengapa? Dengan memiliki passion atau minat pada suatu jenis bidang usaha, seorang pebisnis akan memiliki semangat dalam menjalankan suatu usaha dan bersaing dengan kompetitor serupa di dunia bisnis. Passion yang dimiliki seseorang akan secara alami mendorong orang tersebut untuk selalu termotivasi dan tergerak untuk menjalankan usahanya.

4.      Jangan Berhenti untuk Belajar Hal Baru

Saat usaha anda telah dirasa lebih berkembang dari sebelumnya atau target anda telah tercapai, sebaiknya anda jangan cepat puas dan tetap mengembangkan diri dengan mempelajari hal-hal baru. Tetap pelajari minat konsumen, trend pasar, dan carilah informasi ke berbagai sumber sehingga anda bisa memperoleh ide baru guna melakukan inovasi-inovasi produk yang semakin menguntungkan bagi usaha anda ke depannya.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme